Jazz di Batam & BintanNews

simakDialog tampil di Kathmandu Jazz Festival 2010

Kathmandu Jazz Festival atau dikenal luas dengan sebutan “Jazzmandu,” adalah acara tahunan yang kali ini jatuh pada tanggal 29 Oktober hingga 3 November 2010 bertempat di Upstair Jazz Bar dan Gokarna Forest Resort, KJC (Kathmandu Jazz Conservatory), Patan Museum Square, dan Hotel Shangri-La, Shambala Garden.

Satu-satunya kelompok dari Indonesia yang pernah manggung di sana adalah simakDialog yang digagas oleh Riza Arshad dan Tohpati Ario Hutomo (dua personil awal yang masih menjadi anggota kelompok ini hingga sekarang) pada tahun 2004 dan kali ini kembali diundang oleh panitia festival tersebut. Kelompok simakDialog terakhir tampil di 3rd Asean Jazz Festival di Batam 16-17 Oktober 2010.

Dalam waktu perjalanan delapan tahun terakhir, Kathmandu Jazz Festival sukses mempromosikan Jazz di Nepal dan memperkenalkan banyak musisi kelas dunia ke pecinta jazz tua dan muda.

***

Selain simakDialog, Jazzmandu mengundang musisi lain diantaranya Ari Hoenig featuring Jerome Covington, BUG (USA), Saksri Pang Vongdharadon Quartet dan Alukomarai dari Thailand, (Nepal), Adrian d’Souza (India), Gandharvas (Nepal), Cadenza, Kutumba, Prabhu Raj Dhakal & Friends (Nepal).

Ari Hoenig (36 tahun) adalah drummer jazz muda yang disegani karena kemampuannya memainkan complex rhythms dengan harmoni langsung bersama anggota grupnya. Ari ditemani gitaris Jerome Covington yang mampu memainkan jazz, indie rock hingga electronica sampai acoustic pop.

Saksri Pang Vongdharadon merupakan seorang ekonom yang memutuskan berkarir dimusik dengan pilihan pada instrumen piano dan kini mengajar di jurusan jazz pada Universitas Silpakorn Thailand.

Kelompok BUG dari Amerika Serikat terdiri dari Miley bersaudara, pianis James dan gitarist Jeff, menunjukan keunikan melodi dan rhytm. Turut bergabung bersama mereka saxophonist Peter Epstein, bassist Roger Shew dan drummer Brian Hamada. Menurut mereka melodi adalah Raja (baik dalam hal komposisi maupun improvisasi).

Dalam siaran persnya Panitia Jazzmandu menyatakan bahwa kegiatan ini mampu menstimulus musisi-musisi setempat untuk mengenal Jazz dan belajar teknik baru dan membuat berbagai kreatifitas dengan instrumen-instrumen yang lazim dipakai.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker