NewsNgayogjazzWarta Jazz Festival

Ngayogjazz 2010 ditunda

Sehubungan dengan kondisi masyarakat Yogyakarta berkaitan dengan aktivitas Gunung Merapi yang telah menimbulkan bencana bagi sebagian masyarakat Yogyakarta hingga saat ini, panitia memutuskan acara Ngayogjazz 2010, yang sedianya diselenggarakan pada Hari Sabtu, Tanggal 20 November 2010 ditunda sampai kondisi memungkinkan.

Demikian penjelasan resmi yang diterima oleh WartaJazz.com dari Panitia penyelenggara. Acara yang telah menjadi agenda tahunan Jazz Indonesia ini sedianya digelar di Pelataran rumah kediaman Djoko Pekik, Desa Sembungan Yogyakarta. Nama yang dimaksud adalah pelukis kenamaan asal kota gudeg.

Rasa keprihatinan dan berdasarkan pertimbangan moral dan kemanusiaan menjadi alasan memutuskan untuk menunda pelaksanaan Ngayogjazz 2010 selain karena pertimbangan psikis atau emosi para penampil Jazz festival yang digelar seharian ini.

Ngayogjazz 2010 telah menjadwalkan kehadiran sejumlah musisi dan artis jazz terkenal tanah air. Di antaranya adalah Syaharani, Iga Mawarni, Glenn Fredly, Tohpati serta sejumlah kelompok musik jazz dari Yogya, Surabaya dan Bandung. Bahkan, kelompok musik Chaseiro pimpinan Chandra Darusman yang sudah lama bubar, sudah menyatakan kesediaannya untuk tampil dalam formasi lengkap hanya untuk Ngayogjazz 2010.

Ngayogjazz yang tahun ini mengambil tema “Mangan Ora Mangan Asal Ngejazz” adalah perhelatan musik jazz tahunan di Yogyakarta. Tahun 2010 ini adalah pelaksanaan yang ke empat kalinya. Ngayogjazz pertama digelar di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Berikutnya digelar di desa wisata Tembi dan berlanjut ke Pasar Seni Gabusan yang berada di wilayah Kabupaten Bantul.

Ngayogjazz menepis anggapan bahwa Jazz harus selalu diadakan di ruang tertutup dan berbayar. Memang dalam setiap pelaksanaannya Ngayogjazz selalu mengupayakan agar pertunjukan ini bisa ditonton lebih banyak orang agar apresiasi Jazz bisa dinikmati banyak kalangan, bahkan mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker