News

Serambi Jazz bersama Wolfgang Haffner

Sebagai penutup program Serambi Jazz tahun ini kami menampilkan trio jazz akustik dari Jerman yang beranggotakan Wolfgang Haffner, Hubert Nuss dan Robert Landfermann. Formasi yang menamakan diri mereka Wolfgang Haffner Trio ini akan memainkan komposisi-komposisi dari album mereka “Acoustic Shapes”, sebuah album jazz beraliran klasik namun juga mencerminkan nuansa Nu-Jazz yang aktual. Permainan piano, kontrabas dan drum yang akustis menunjukkan kemampuan teknis yang sempurna para pemusiknya. Beberapa komposisi mereka mungkin mengingatkan pendengar pada suasana lounge atau lantai dansa, sementara komposisi lain membawa imajinasi pikiran ke sebuah klub jazz penuh asap rokok, stereotip sebuah klub jazz.

Poster Serambi Jazz Wolfgang Haffner Trio
Poster Serambi Jazz Wolfgang Haffner Trio

Wolfgang Haffner Trio akan manggung dua kali yaitu pada 9 Desember 2010, 19:30 WIB di Bumi Sangkuriang Jl. Kiputih No.12 Ciumbuleuit, Bandung. Informasi bisa menghubungi +62 22 4236440. Lalu pada tanggal 10 Desember 2010, 19:30 WIB GoetheHaus Jalan Sam Ratulangi No. 9 – 15 Menteng, Jakarta dan anda yang tertarik menonton bisa menghubungi +62 21 235 5020 8 (Ext. 147/157).

Sebagai seorang komponis, Wolfgang Haffner lebih cocok disebut sebagai seorang pembuat melodi daripada pembuat ritme. Tema-tema yang diangkatnya dibawakan dengan gaya yang liris melankolis dan di beberapa tempat malah terdapat kejutan-kejutan. Melodinya sederhana, tapi bukan berarti tak bermakna. Haffner, bersama partnernya Hubert Nuss pada piano dan Lars Danielson pada bas mengembangkan satu kolaborasi yang luar biasa dari Chill-Out yang lembut sampai ke Up-Tempo Jazz yang dramatis.

Haffner juga menggelar workshop  pada Tanggal : 11-15 Desember 2010 mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB bertempat di GoetheHaus, Jl. Sam Ratulangi No. 9-15 Menteng, Jakarta.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker