News

Nonesuch Records segera rilis “Pat Metheny Unity Band,” 12 Juni

Di bawah payung Nonesuch Records, jawara gitar Pat Metheny akan meluncurkan album gres Pat Metheny Unity Band 12 Juni mendatang. Karya terbarunya ini cukup spesial karena menampilkan format kuartet gitar-kontrabas-drum-saksofon, sesuatu yang baru dilakukan Pat kembali sejak double album 80/81 (ECM, 1980).

Pat Metheny Unity Band
Pat Metheny Unity Band

Sedangkan Unity Band sendiri digawangi oleh drummer sekaligus rekan lama Pat, Antonio Sanchez, kontrabasis muda Ben Williams, dan Chris Potter untuk saksofon juga klarinet bas.

Merujuk pada album yang digarap Pat 30 tahun silam tersebut, ia berniat untuk memberikan rekognisi untuk kedua saksofonis yaitu Dewey Redman dan Michael Brecker. Dewey dan Michael, keduanya telah wafat, ialah pemain saksofon di album 80/81, melengkapi line-up Pat Metheny, Charlie Haden, serta Jack DeJohnette waktu itu.

Menurut Pat, album barunya itu akan mencantum sembilan trek komposisi orisinil, salah satunya adalah nomor pembuka “New Year.” Dengan konsep segar pula formasi pemain bintang yang terlihat solid, nampaknya Pat Metheny Unity Band akan memberi banyak kejutan. Kita tunggu saja tanggal mainnya!

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker