News

Serambi Jazz kembali hadir, tampilkan Kuartet David Manuhutu & Groens Project

Serambi Jazz 2011 - David Manuhutu - Groens Project
Serambi Jazz 2011 - David Manuhutu - Groens Project

Konser perdana Serambi Jazz di tahun 2011 menghadirkan generasi penerus jazz Indonesia , Kuartet David Manuhutu dari Bandung dan Groens Project.

Acara perdana tahun ini akan dimulai pada hari Jumat tanggal 11 Februari 2011 mulai pukul 19.30 wibbertempat di Auditorium GoetheHaus Jalan Sam Ratulangi No. 9-15 Menteng, Jakarta Pusat. Dan seperti yang sudah-sudah, tidak dipungut biaya.

***

David Melchias Manuhutu – 18 tahun, adalah salah satu pianis muda berbakat luar biasa. Sejak pertama kali tampil di muka publik pada umur 12 tahun, hingga kini terlihat nyata kemajuannya. Ini dicapai melalui kesempatan bermain dengan para musisi senior. Tahun ini pianis kelahiran 1 Juni 1992 berencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Sebelum keberangkatannya publik jazz dapat menikmati penampilannya di panggung Serambi Jazz kali ini.

Groens Project adalah kelompok jazz muda Indonesia yang anggotanya baru kembali selesai studi di kobservatori di Belanda. Mereka adalah Dhani Syah pada piano, Johanes Radianto pada guitar, dan drummer Elfa Zulham. Yang menarik dari kelompok ini, mereka akan bermain dengan seorang pemain kontrabass asal Italia, Mattia Magatelli.

***

Menurut Kurator Serambi Jazz, Riza Arshad, ” untuk lebih mengembangkan Serambi Jazz, pada 2011 kami telah merencanakan beberapa kegiatan tambahan. Minat publik jazz di Bandung dan Yogyakarta kami lihat sebagai sebuah potensi tersendiri. Pelaksanaan konser di Bandung, meskipun tidak rutin setiap dua bulan sekali seperti di Jakarta, akan mulai dilengkapi dengan workshop, sementara Yogyakarta juga menjadi kota tempat penyelenggaraaan Serambi Jazz, baik konser maupun workshop”.

“Dengan senang hati kami pun akan menambahkan citarasa Eropa pada Serambi Jazz. Tahun ini musisi jazz dari negara Eropa lain akan turut menyemarakkan panggung Serambi Jazz, entah itu sebagai satu band utuh maupun kolaborasi dengan pemusik Jerman atau Indonesia,” tambah pemusik yang juga pendiri kelompok simakDialog ini.

Dalam tahun 2011 ini, Serambi Jazz akan berturut-turut menampilkan Yakou Tribe(20-21/04), Benny Likumahuwa Jazz Connection, Sandy Winarta Quartet (9/06), Eric Legnini Trio(10/06), Chamber Jazz, Glen Dauna Project (12/08), Max.Bab(29-30/09), Mian Tiara, Shadow Puppet Double Quartet (9/12).

Kedekatan hubungan Indonesia-Jerman dimulai kunjungan Indonesian All Stars ke Berlin Jazz Festival pada tahun 1968 dimana kala itu, Jack Lesmana, Jopie Chen, Bubi Chen dkk tampil disana dan kemudian merekam album Djanger Bali yang kini menjadi buruan para kolektor jazz.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker