News

Trisum Live in Concert dan luncurkan album kedua di Rolling Stone Indonesia

Trisum - Five in One
Trisum - Five in One

Kelompok Trisum yang terdiri dari Dewa Budjana (gitar), Tohpati Ario Hutomo (gitar), I Wayan Balawan (gitar), Indro Hardjodikoro (bass) dan Yesaya Sumantri (drums) akan tampil dalam sebuah konser bertajuk “Rolling Stone – Trisum Live in Concert” pada Jumat, 18 Februari 2011, 19.00 WIB.

Rolling Stone Indonesia yang terletak Jl. Ampera Raya No. 16, Jakarta menjadi tempat yang dipilih untuk pertunjukan ini menetapkan harga tiket sebesar Rp 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) dan dapat dipesan via Yudi 08121271722.

Konser ini merupakan acara launching album kedua Trisum bertajuk “Five in One”.

***

Trisum merupakan proyek yang digagas oleh Dewa Budjana dan Tohpati. Mereka tampil kali pertama di Taman Ismail Marzuki tahun 2005. Konser itu direkam dan kemudian dirilis menjadi sebuah album CD dan DVD. Formasi pada saat itu plus Balawan (gitar), Eugene (flute/klarinet), Saat (suling) dan Sandy Winarta(drums). Trisum sempat pula tampil dengan formasi lain bersama Donny Suhendra dan Yesaya Sumantri.

Dibanding album sebelumya, 1-th Edition, yang didistribusikan oleh dari Sony-BMG kini tugas itu dipegang Universal Music Indonesia. Secara cover album baru yang akan dirilis ini menampilkan 3 gitar yang berbentuk grafis dengan tarikan garis warna-warni.

Di album baru ada 9 komposisi lagu, 1. Five in One, 2. Love to be Around You, 3. Rahwana, 4. Pulang, 5. Majik Blue, 6. Unyil, 7. All U Can Eat, 8. Bread Jam Bread, dan 9. Bubis. Tohpati menyumbang 3 lagu (1, 3, dan 4), Budjana 2 (5 dan 9), Balawan 2 (2 dan 7), Indro 1 (8), dan satu, Unyil, adalah ciptaan Pak Raden yang publishernya Produksi Film Negara (PFN), sama dengan filmnya.

Sebagai catatan, di album ini untuk pertamakalinya Indro Harjodikoro menyumbangkan komposisinya yang berjudul Bread Jam Bread. Saya sendiri membayangkan inspirasi ini berasal dari sarapan pagi yang sering kali dihadapi Indro, roti dan selai. Indro sendiri telah memili album solo berjudul Feels Free yang diproduksi dan diedarkan oleh Demajors. Sementara itu, seperti judulnya “Bubis”, Budjana dalam lagu ini ingin memberikan penghargaannya pada pianis jazz senior, asal Surabaya, Bubi Chen.

***

Para personil Trisum

Dewa Budjana, merupakan gitaris band rock kenamaan, GIGI. Telah malang-melintang didunia rekaman maupun panggung pertunjukan di tanah air. Salah satunya karyanya dengan maestro pianis, Bubi Chen dalam sebuah nomor ragtime.

Sementara Tohpati atau yang akrab disapa Bontot merupakan gitaris yang juga kerap tampil di televisi mengiringi banyak penyanyi terkenal di Indonesia. Ia juga sebagai co-leader dikelompok simakDialog. Bersama Riza Arshad dan kawan-kawan, Bontot telah merilis 4 buah album.

Wayan Balawan, merupakan gitaris yang memiliki keunikan permainan. Ia disebut-sebut sebagai Stanley Jordan-nya Indonesia, karena kemampuan tapping-technique-nya. Bersama Batuan Ethnic Fusion ia merilis album bertitel gloBALIsm, yang kemudian disusul sebuah album solo yang direkam di Acoustic Records, sebuah perusahaan rekaman Jerman.

Bassis Indro Hardjodikoro sebelumnya pernah bergabung dengan simakDialog bersama Tohpati, Arie Ayunir dan Riza Arshad. Tapi ia keluar dari grup tersebut dan menjadi kawan setia Tohpati di grup Ethnomission. Indro merilis album solonya tahun lalu.

Yesaya Sumantri merupakan salah satu drummer muda yang memiliki jam terbang tinggi. Selain bersama Trisum, ia juga mendukung Tompi dan terkadang beberapa kelompok musik lainnya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker