News

Ari Roland Quartet tampil di @amerika

Ari Roland Quartet
Ari Roland Quartet

Musisi Jazz asal Amerika memang sering tampil di Jakarta, utamanya difestival seperti Java Jazz Festival. Tapi musisi Jazz asal Amerika tampil di pusat kebudayaan Amerika Serikat merupakan suau hal yang berbeda.

Ari Roland Quartet akan menjadi musisi Jazz asal New York pertama yang tampil di pusat kebudayaan Amerika Serikat yang pertama di dunia ini.

Ari Roland Quartet yang terdiri dari dari Ari Roland (contrabass), Chris Byars (stenor saxophone), Zaid Naseer (alto saxophone) dan Keith Balla (drums) akan tampil @amerika yanfg terletak dipusat perbelanjaan dibilangan Sudirman tepatnya Pacific Place lantai 3 Jakarta Selatan.

Anda yang tertarik menonton acara ini tinggal datang karena acara ini tidak dipungut biaya. Acara akan digelar dua kali pada hari Sabtu dan Minggu, 19-20 Februari 2011 mulai jam 7 malam. Khusus workshop dan masterclass akan dilakukan pada hari Minggu mulai pukul satu siang.

***

Ari Roland, 37 tahun, merupakan musisi yang telah mengangkat nama musik bop di New York. Roland secara rutin tampil bersama pianis Sacha Perry dan saksofonis Chris Byars dan Zaid Nasser. Roland belajar dengan pianis Barry Harris ketika mereka masih remaja, dan menambah pengalaman kepada para musisi ahli yang tidak diragukan lagi keahliannya, seperti pianis Frank Hewitt, saksofonis Charles Davis, Lou Donaldson, dan Clarence ‘C’ Sharpe, dan para drummer Leroy Williams, Vernell Fournier, dan Jimmy Lovelace.
Ia mendapat kepercayaan dari pemerintah Amerika Serikat dan menjadi “Jazz Ambassador” dan telah berkeliling sedikitnya 27 negara dengan 58 program selama empat tahun terakhir.  Kelompoknya The Ari Roland Jazz Quartet dipilih sebagai “The Rhythm Road” untuk tahun 2011.

Chris Byars, tenor saxophone – awalnya bernyanyi The Metropolitan Opera Company saat berusia 6 tahun. Ia lalu beralih ke alat tiup saxophone ketika berusia 14 tahun. Pria asal New York ini merupakan komposer dan aranjer yang kerap memenangkan penghargaaan. Ia adalah anggota dari Jazz At Lincoln Center, dan pada tahun 2009 mendapatkan  grant untuk membawa 18 seri dari jazz dan musik Bashir Quasim di sistem sekolah umum di kota New York.

Zaid Nasser, alto saxophone – lahir dan besar di New York, tak lain merupakan putra musisi Jazz & Blues Jamil Naseer. Ia tampil secara rutin di kelab jazz New York. Belajar blues di kota Memphis dan bermain dua tahun bersama Calvin Newborn. Sekembalinya ke New York, ia menjadi bersama “Savoy Sultans”, dan jazz organist Bill Doggett. CD nya masuk dalam banyak peringkat tahunan Top-Ten para kritikus Jazz.

Keith Balla merupakan murid drummer Kenny Washington. Bekerja professional sejak 17 tahun – pria kelahiran Austen, Texas, ini telah berkeliling dunia sebagai utusan dari pemerintah Amerika Serikat.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker