News

WordPress Version 3.1 Reinhardt resmi dirilis

Django Reinhardt
Django Reinhardt

Untuk yang kesekian kalinya WordPress, platform yang menjadi tulang punggung situs WartaJazz.com merilis versi terbaru, edisi 3.1 yang memiliki kode “Reinhardt”, penghormatan untuk gitaris jazz gypsi Django Reinhardt, Rabu 23 Februari 2011 waktu Amerika Serikat atau 24 Feb 2011 waktu Indonesia.

Gitaris dengan darah gypsi Romani ini tinggal di Perancis. Bersama violinist Stéphane Grappelli, mendirikan Quintette du Hot Club de France, yang oleh kritikus Thom Jurek disebut sebagai “one of the most original bands in the history of recorded jazz.

Reinhardt dikenal lewat sejumlah komposisi yang menjadi jazz standards, seperti “Minor Swing”, “Daphne”, “Belleville”, “Djangology”, “Swing ’42” and “Nuages” (French for “Clouds”).

Balik ke soal Wordpress 3.1, apa saja perubahan yang dilakukan?, berikut ini daftar lengkapnya:

  • Internal Linking – memudahkan membuat link dihalaman yang sama
  • Admin Bar – memiliki banyak tautan yang bermanfaat untuk admin. Manfaat akan benar-benar terasa buat mereka yang menjadi admin multi-site.
  • Streamlined Writing Interface – para penggunaWordPress akan merasakan dalam proses mengerjakan artikel lebih simpel karena opsi yang banyak di sembunyikan secara default, tapi bisa dihadirkan kembali jika mengklik Screen Options di pojok kanan atas.
  • Post Formats – informasi meta dapat digunakan untuk mengatur tampilan dari sebuah post.
  • Network Admin – tampilan baru untuk Super Admin yang berbeda dengan admin reguler.
  • List-type Admin Screens – kolom yang dapat disortir untuk daftar tipe tampilan dan pengaturan daftar halaman lebih baik
  • Exporter/Importer Overhaul – perubahan mendasar pada bagian ini termasuk penambahan informasi author, penanganan taxonomies dan terms, dan dukungan menu navigasi.
  • Custom Content Type Improvements – memungkinkan para pengembang untuk men-generate halaman arsip, menu yang lebih baik dan kontrol kapabilitas.
  • Advanced Queries – memungkinkan para pengembang untuk membuat beberapa query taxonomies dan custom fields.
  • Refreshed Blue Admin Color Scheme – puts the focus more squarely on your content.

Platform Wordpress dikenal banyak dipakai untuk situs blog maupun korporat dan portal. Kemudahan maintenance, tersedianya plugin yang gratis, maupun banyaknya pengembang dan layanan bantuan lewat forum maupun berbayar membuatnya menjadi sangat populer dan menjadi pilihan banyak pengguna website.

Penggunaan nama-nama musisi Jazz sebagai kode di Wordpress memang dilakukan sejak awal. Sebagai penghormatan Matt Mullenweg, pencipta Wordpress yang juga seorang saxophonis pada musik Jazz.

Beberapa nama musisi Jazz yang juga pernah diturunkan tulisannya oleh WartaJazz antara lain:

Musisi Jazz lainnya yang juga diberikan penghormatan dengan memuat kode mereka Miles Davis, Art Blakey, Charles Mingus, Billy Strayhorn, Duke Ellington, Ella Fitzgerald, Stan Getz, Dexter Gordon, Michael Brecker, McCoy Tyner dan John Coltrane.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?