News

Bertiga bersama Tohpati, Indro & Bowie di Axis Java Jazz Festival 2011

Dapat dikatakan, mereka semua adalah tiga musisi handal yang saat ini mengisi berbagai event musik dan bahkan menjadi topik pembicaraan para pecinta musik jazz dan blues di Indonesia. Untuk pertamakalinya mereka tampil di event Ngayogjazz 2011 bulan Januari lalu.

Sekilas, mereka tampil dengan energi prog-rock dengan meminjam improvisasi musik jazz yang kuat. Banyak akrobat nada-nada dengan iringan dasar bass yang tegas serta hentakan drum yang rancak. Rencananya, formasi Tohpati Bertiga ini segera masuk dapur rekaman untuk album Tohpati berikutnya.

Tohpati Ario Utomo (gitar) berawal dari musisi session yang pernah membantu Erwin Gutawa Orchestra, Ruth Sahanaya, Chrisye, Kris Djayanti dan masih banyak lagi. Tahun 1993, bersama Riza Arshad, Indro dan Arie Ayunir membentuk band jazz papan atas dari Indonesia, simakDialog. Sampai saat ini juga masih mendukung kelompok yang sudah go internasional ini. Selain itu, di antara kesibukannya di atas, Tohpati juga sudah mengeluarkan beberapa album solonya. Termasuk album terbarunya di tahun 2010, Tohpati Ethomission “Save The Planet”. Album ini saat ini juga sudah beredar secara internasional.

Begitu juga dengan Indro Hardjodikoro (bass). Dengan cerita yang hampir sama dengan Tohpati, mengawali kariernya sebagai session player dengan seabrek musisi nasional pernah dibantunya. Pernah mendukung simakDialog dalam dua album pertama, saat ini juga mempunyai grup trio sendiri yang berwarna jazz rock bersama Lal Intje Makkah dan Demas Narawangsa. Tahun 2010 kemarin juga mengeluarkan album debutnya “Feels Free”.

Bowie, panggilan akrab dari Aditya Wibowo (drum) ini rasanya tidak asing dengan teman-teman dari komunitas jazz di Jogja. Tidak salah lagi kalau Bowie awalnya aktif di beberapa band di Jogja. Namun sekarang kiprahnya lebih menasional dan bahkan internasional bersama Gugun Blues Shelter (GBS). Kelompok tersebut menyajikan musik blues modern dengan balutan funk dan soul. Jangan ditanya mengenai jumlah penggemar GBS, band ini masuk waiting list para pecinta musik di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker