News

April adalah bulan Apresiasi Jazz – Jazz Appreciation Month

Bulan April memiliki makna spesial untuk para penikmat musik Jazz, karena ini adalah bulan Apresiasi Jazz atau kerap disebut Jazz Appreciation Month (JAM).

Untuk menyambut hal tersebut WartaJazz memberikan diskon sebesar 10% selama sepuluh hari pertama di Bulan April untuk setiap pembelian Merchandise baik berupa tshirt maupun CD tanpa terkecuali. Anda cukukp mengirimkan email dengan subject atau body memuat kata atau subject “April adalah JazzAppreciation Month!”.

Beberapa kegiatan konser Jazz juga digelar dalam bulan April ini.  Misalnya Pusat Kebudayaan @america misalnya akan menyelenggarakan sebuah konser menghadirkan Dwiki Dharmawan Trio dengan personil Dwiki Dharmawan (keyboard), Donny Sundjojo (acoustic bass) dan Elfa Zulhamsyah (drums) pada tanggal 15 April 2011 mendatang.

***

Kegiatan JAM di tempatl lahirnya Jazz yaitu Amerika Serikat juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan. Tahun ini panitia membuat poster spesial bergambar Mary Lou Williams, pianist Jazz untuk menandai sepuluh tahun diselenggarakannya Jazz Appreciation Mont.

Pianis jazz, komposer, dan arranger yang inovatif ini telah bermain dengan Andy Kirk, Duke Ellington, dan lainnya merupakan salah satu artis jazz perempuan yang termasuk dalam Jazz: The Smithsonian Anthology yang memuat sejarah jazz baik secara musik dan naratif.

Sebuah portrait dari Mary Lou Williams dilukis oleh Keith Henry Brown, seorang African-American artist muda dengan kecintaan pada jazz dan pernah bekerja sebagai Creative Art Director for Jazz di Lincoln Center.

Museum telah mencetak hampir 200,000 posters untuk didistribusikan secara gratis kepada sekolah, perpustakaan, pengajar jazz maupun toko-toko yang menjual Jazz serta kedutaan Amerika di berbagai dunia.

***

Sejarah Jazz Appreciation Month

Setiap bulan April, Jazz Appreciation Month (JAM) dipakai untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya sejarah Jazz. Dengan beragam aktivitas mulai dari konser, kuliah, pemutaran film, dan banyak program lainnya, JAM mengajak banyak orang dari berbagai tingkatan usia untuk mendengarkan jazz baik di radio maupun rekaman, membaca buku tentang jazz, belajar musik dan mendukung berbagai program institusi lainnya.

JAM pertama kali digelar pada April 2002, dan menjadi bagian dari Museum Smithsonian. Museum yang mengumpulkan banyak koleksi jazz baik berupa dokument, rekaman maupun sejarah yang disampaikan scara lisan termasuk mensponsori bigband mereka sendiri the Smithsonian Jazz Masterworks Orchestra.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker