News

Konser amal untuk bantu Jepang

Anda sudah barang tentu mahfum bahwa gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Jepang beberapa waktu lalu memiliki efek yang luar biasa besar tidak hanya bagi masyarakat yang bermukim diarea yang terkena langsung dari bencana tersebut namun daerah bahkan negara lain yang memiliki keterkaitan atau hubungan baik ekonomi maupun socio-kultural.

Sebagai bagian dari masyarakat desa global, Jepang tak hanya punya pengaruh besar bagi dunia, tapi punya posisi penting dalam ranah Jazz, mengingat bisa dipastikan hampir semua musisi Jazz ngetop dunia pernah bermain di Jepang sejak dahulu kala.

Sehingga sebuah hal yang amat wajar kalau para insan Jazz terketuk membantu meringankan beban dengan menggelar sejumlah konser amal.

Salah satu musisi yang menjadi pengagas adalah saxophonis John Zorn yang telah menggelar Benefit Concert for Japan pada tanggal 27 Maret lalu di Miller Theater, Universitas Columbia di Amerika Serikat menampilkan Sonic Youth, Sean Lennon, Yoko Ono, Mike Patton, Cibo Matto, Mephista, Uri Caine, Marc Ribot, John Zorn’s Aleph Trio.

Selanjutnya ada konser lain yang digelar oleh Japan Society dengan menampilkan pertunjukan selama kurang lebih dua belas jam dan ‘open house extravaganza’ yang berisikan kegiatan seperti Origami dan cara pembuatan lentera Washi, kelas bahasa, kaligrafi, dongeng Kamishibai dan akses ke Bye Bye Kitty!!! serta banyak lagi.

Konser akan melibatkan New York Suwa Taiko Association dengan anggota aliansi Taiko Masala, New York Taiko Aikokai, Sakura Taiko, Ninja Taiko, Brooklyn Genki Daiko dan Taiko Club of Brooklyn Waldorf plus Cocolo Japanese Gospel Choir. Mereka hadir sebagai pembuka sebelum Philip Glass & Hal Willner, Lou Reed, Laurie Anderson & John Zorn tampil sesudahnya. Informasi terakhir menyebutkan kalau tiket pertunjukan sudah ludes terjual.

Yang menarik sesi GALA berikutnya Ryuichi Sakamoto bersama tamu spesial M.O.D. Technologies, Bill Laswell, Gigi, Bernie Worrell, Hideo Yamaki dan lain-lain juga sudah habis terjual tiket pertunjukannya.

***

Jika kita merunut aktifitas John Zorn sebelumnya tentuk tak mengherankan karena sederet karya yang dihasilkannya ketika ia tinggal di negeri sakura tersebut. Sebut saja karya tributenya untuk seorang bintang film jepang yang dimainkan oleh Kronos Quartet, lalu versi komposisi dari Morricone yang digabungkannya elemen tradisi musik jepang, soul jazz dan beragam genre musik yang lain.

Belum lagi karya Rituals: Live in Japan, ia juga berkolaborasi dengan beberapa artis ‘noise’ asal Jepang sebut saja Merzbow, Otomo Yoshihide, Melt Banana dan kawan akrab kolaborasinya Yamatsuka Eye. Kelompok Masada-nya juga merilis album di bawah label jepang DIW.

***

Kepedulian juga datang dari sejumlah artis lain. In Touch Entertainment bekerjasa sama dengan Blue Note Jazz mengadakan konser Benefit for Japan menghadirkan Madeleine Peyroux, Joe Lovano, Karrin Allyson, Don Byron, Sonny Fortune, Antonio Hart, Eldar, Eddie Gomez, Janis Siegel, Allan Harris, Bob Mover, Harry Allen, Tony Middleton, Ben Allison, Lauren Kinhan, Steve Williams, Clifton Anderson, David Kikoski, Sarah Hayes, Bob Albanese, Randy Napoleon, Danny Walsh, Frank Senior dan lain-lain.

Sebuah pertanyaan menarik juga, mengingat relasi yang sangat dekat dengan Jepang, tentu pertanyaannya boleh diajukan juga, Apakah kita peduli?. Apa yang akan dilakukan para pecinta dan musisi jazz di Indonesia?.


Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker