News

200 nama masuk Nominasi Jazz Journalist Award 2011

Asosiasi Jurnalis Jazz telah mengumumkan sekitar 200 nominator yang berpotensi memenangkan penghargaan di 39 kategori dalam karya musik dan karya tulis musik yang pengumumannya akan dilakukan dalam acara tahunan JJA Jazz Awards ke 15.

Sistem pemilihan pemenang adalah dengan pemungutan suara atau voting baik yang dilakukan oleh anggota resmi JJA yang terdiri dari para jazz writers, broadcasters, photographer dan produser new media.

Pengumuman dijadwalkan dilakukan pada konser  Gala di City Winery di New York City tanggal 11 Juni 2011. Penyerahan hadiah selain distreaming-kan secara live di website  jjaJazzAwards.org juga akan disebarluaskan lewat siaran satelit diseputar Amerika Serikat dan belahan bumi lainnya.

Para nominator tahun ini mencakup sejumlah nama yang sudah dikenal luas seperti legenda tenor sax Sonny Rollins, yang berusia 80 tahun maupun nama baru yang kini bersinar terang, gadis berusia 26tahun yang baru saja menyabet Grammy Awards untuk “Best New Artist” yang lain adalah bassis sekaligus vocalis Esperanza Spalding.

Beberapa nama lain yang juga masuk dalam daftar nominasi yaitu pianist Jason Moran, saxophonist Joe Lovano dan pianis Vijay Iyer.

“Finalists untuk penghargaan tahun 2011 membuktikan bahwa jazz adalah musik sepanjang waktu,” ujar Howard Mandel, presiden Jazz Journalists Association. “Tampilkan yang terbaik ketika muda, konsisten dengan hal itu dan musiknya akan jadi lebih baik.”

Terjemahan ucapan Mandel memang bisa dilihat dari daftar lain seperti nama musisi dikisaran usia 80-tahunan antara lain Muhal Richard Abrams, Jimmy Heath, Paul Motian, Phil Woods dan Wayne Shorter yang masuk dalam kategori Lifetime Achievement in Jazz (Heath dan Randy Weston bahkan menulis autobiography yang juga dinominasikan untuk kategori Book of the Year).

Dijajaran anak muda ada nama trumpeter Ambrose Akinmusire (27), saxophonist Darius Jones (32), pianist Gerald Clayton (26), dan saxophonist Jon Irabagon (32) yang masuk nominasi kategori Up and Coming Artist of the Year. Nama-nama lain yang juga masuk dalam nomiasi Vanguard Jazz Orchestra, Darcy James Argue’s Secret Society, Wynton Marsalis’ Jazz at Lincoln Center Orchestra, the John Hollenbeck Large Ensemble, Maria Schneider Orchestra and Mingus Big Band, seolah membuktikan bahwa senior-yunior mungkin tidak terlalu berpengaruh, karena keduanya bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk memenangkan penghargaan.

Pekerjaan memasukkan 200an nama nominator ini dilakukan oleh kurang lebih 60 anggota professional JJA selama kurang lebih 30 hari.

Yang menarik, ada juga penghargaan untuk para jurnalis yang mendedikasikan waktu mereka menulis musik yang kaya inspirasi ini. Sebut saja Amiri Baraka, Ben Ratliff dari New York Times, penulis dan pengarang paruh waktu Bill Milkowski, dan pengarang/kolumnis di New York Post Stanley Crouch.

Untuk kali pertama JJA juga mempersembahkan penghargaan untuk Shortform Online Jazz Video of the Year dan Photo of the Year.

***

Penghargaan yang diberikah oleh Asosiasi Jurnalis Jazz atau JJA Jazz Awards ini adalah penghargaan yang paling dikagumi dalam sejarah Jazz di Amerika Serikat sejak pertama kali diberikan pada tahun 1997.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker