News

Kolaborasi Once dan Michael Paulo di “Economics Jazz” UGM

Sebuah kolaborasi unik bakal ditampilkan dalam konser jazz internasional BNI-Economics Jazz 2011 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, pada Sabtu 14 Mei 2011, di Grand Pacific Ballroom, Jalan Magelang, Yogyakarta. Konser ini akan menghadirkan Once, yang nama aslinya Elfonda Mekel, mantan vokalis grup Dewa 19 yang bersuara khas. Karakteristik suara Once yang mirip Sting akan dipadukan dengan permainan saxophone Michael Paulo.

Michael akan membawa grupnya langsung dari California, Amerika Serikat, yang terdiri dari Freddie Washington (bass), James “Kimo” Cornwell (keyboards), Fred Schreuders (gitar), dan Land Richards (drum). Rombongan mereka akan terbang langsung dari Los Angeles pada 11 Mei 2011, dan tiba di Yogyakarta 12 Mei 2011.

“Kami cukup lama memikirkan, siapakah penyanyi Indonesia yang paling tepat untuk berkolaborasi dengan Michael Paulo di Yogyakarta. Sesudah lama berdiskusi dengan para mahasiswa saya di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, kami sepakat untuk mengajak Once bergabung. Once adalah penyanyi yang sukses memberi warna khas kelompok Dewa 19, yang memiliki amat banyak penggemar. Sudah seminggu ini Once dan Michael Paulo sudah saling bertukar ide dan contoh musik masing-masing. Mereka tinggal latihan satu-dua kali saja di Yogyakarta pekan depan, dan siap menghebohkan publik Yogya pada konser 14 Mei 2011 nanti,” kata A. Tony Prasetiantono, ketua dan produser eksekutif Economics Jazz 2011.

Michael Paulo dan Once dijadwalkan manggung selama 90 menit. Selain mereka, konser juga akan diramaikan oleh penampilan kembali Fariz RM. Fariz akan ditemani oleh Barry Likumahuwa and Friends, yang akan membawakan lagu-lagu lama Fariz, seperti Sakura, Barcelona, Nada Kasih, Hasrat dan Cita, akan diaransemen ulang dengan cita rasa jazz. Fariz juga akan didampingi oleh dua penyanyi jebolan Idonesian Idol, yakni Citra Scholastika. Sedangkan alumnus Idol yang lain, Lucky Octavian, akan didaulat menyanyikan lagu-lagu Broery Pesolima yang akan di-jazz-kan oleh Barry Likumahuwa dan kawan-kawan.

Konser ini dipersiapkan dengan anat serius, dengan dukungan sound system, lighting dan multimedia yang mewah. Ini akan menjadi konser jazz UGM yang paling spektakuler dan layak dikenang.

Michael Paulo dikenal sebagai salah satu artis jazz GRP (Grusin-Rosen Production), perusahaan rekaman yang didirikan Dave Grusin dan Larry Rosen, yang khusus menerbitkan CD jazz dan fusion, terutama pada dasawarsa 1990-an. Michael berdarah Hawaii, kedua orang tuanya adalah musisi. Bapaknya seorang pianis, dan ibunya penyanyi. Namun dia termasuk terlambat mengenal saxophone, di usia 15 tahun.

Ia pindah ke California pada 1981, dan kemudian bergabung dengan band pengiring Al Jarreau. Ia kemudian membuat berbagai rekaman jazz-pop seperti One Passion (di bawah label MCA, 1989), dan selanjutnya album Fusebox (1990), Save the Children (1993), My Heart and Soul (1996), Midnight Passion (1999), Sax for Christmas (2000), Best of Michael Paulo (2001), dan Beautiful (2005). Di Indonesia, juga terbit album kompilasi lagu-lagu terbaiknya dengan judul Michael Paulo (2008).

Michael Paulo banyak berkolaborasi dengan penyanyi dan musisi papan atas, seperti Al Jarreau, Herbie Hancock, Patti Austin, David Benoit, Chris Botti, Jeffrey Osborne, Jeff Lorber, dan Johnny Mathis. Konser jazz internasional kali ini diharapkan menjadi pintu masuk menuju konser-konser internasional berikutnya. “Jika konser jazz internasional ini sukses, maka tahun depan kami akan mengundang David Benoit. Sesudah itu, akan makin banyak lagi artis jazz fusion yang akan kami hadirkan di Yogya, seperti Dave Koz, Dave Valentin, Phil Perry, dan Lee Ritenour,” pungkas Tony Prasetiantono. *****

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?