News

Printemps Français 2011: Konser Jazz Belle du Berry & David Lewis

Dalam rangka Printemps Français 2011, Centre Culturel Français (CCF) Jakarta bekerja sama dengan Komunitas Salihara mempersembahkan Konser Jazz Belle du Berry & David Lewis pada 19 Mei 2011, Pukul 20.30 di Teater Salihara, Jl. Salihara no.16 – Jakarta Selatan.

Suara menggoda dari sang penyanyi menyatu dengan nada-nada trompet yang menghasilkan lagu-lagu yang membuka dunia kabaret post-modern, keajaiban Paris Combo, sebuah kelompok musik asal Prancis dengan gaya eklektik yang menggabungkan jazz dan swing dari Amerika, musik Roma, musik Afrika Utara serta kental dengan warna musik chanson dari Prancis, muncul kembali bersama dengan semangat baru.

Belle du Berry, atau yang lebih dikenal sebagai primadona dan penyanyi grup Paris Combo, melanjutkan kolaborasinya dengan pemain trompet dan pianis David Lewis yang juga merupakan personil grup tersebut. Dalam masa rehat dari Paris Combo, mereka berdua merilis album empat tangan “Quizz” tahun 2009 yang dilanjutkan dengan tur ke negara-negara Eropa dan ke Australia dengan Denis Hénault-Parizal (bass dan gitar) dan Rémy Kaprielan (drum).

Belle du Berry, seperti namanya, berasal dari wilayah Berry pedesaan di Prancis bagian tengah. Setelah mempelajari film di Paris, ia mulai terjun ke dunia musik ketika bertemu dengan band pos-punk di akhir 1980-an. Kemudian, sebagai pemain akordeon, ia lalu bergabung dengan Champêtre de Joie, sebuah kelompok tari dan musikal yang mengeksplorasi musik abad ke-20 dari Prancis dan pertunjukan-pertunjukan akustik. Tahun 1994, ia mendirikan La Belle Equipe khusus untuk menampilkan karya-karya dan kecintaannya terhadap musik gipsi dan mulai tampil di kafe-kafe di Paris. Ia juga tampil di Cabaret Sauvage, sebuah kabaret atau sirkus musikal, tempat ia bertemu dan mulai menulis lagu serta berkolaborasi dengan musisi asal Australia, David Lewis.

David Lewis yang lahir dan besar di salah satu kota kecil di Victoria, Australia, mulai belajar piano dan tampil di atas panggung memainkan trompet di band sekolahnya. Kemudian ia melanjutkan pendidikan musiknya di Melbourne kemudian berkelana ke Swedia dan Paris. Di Paris ia belajar di Paris Conservatoire dan menampilkan karya musik trompetnya bersama kolektif N.A.M.E. (New American Music in Paris). Selama karir profesionalnya, Lewis telah melakukan rekaman dan mengikuti tur dengan musisi mancanegara yang tinggal di Prancis, seperti Gianmaria Testa, Lokua Kanza, John Greaves, dan Arthur H. Selain itu, ia juga menggubah musik untuk produksi teater dan bekerja sama dengan Marc François, Noël Casale dan Edith Scob.

Kolaborasi Belle du Berry dan David Lewis menghasilkan karya-karya musik yang ritmis dan melodis. Suara organ retro, diiringi penampilan trompet David Lewis menghasilkan melodi yang mengalun gembira dengan beat yang cepat sedangkan suara vokal Belle du Berry sangat ekspresif dan mampu menyuguhkan beragam emosi.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama dengan Komunitas Salihara dan berkat dukungan dari Aqua Danone / Le Meridien Jakarta / Blue Bird Group.

Konser dengan HTM: Rp. 50.000 & Rp. 25.000 (mahasiswa/pelajar) dapat dipesan dengan menghubungi reservasi di telpon 789 1202.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker