News

Eric Legnini Trio Indonesian Tour 2011

Pianis kelahiran Belgia tanggal 20 Februari 1970, Eric Legnini bersama trio-nya akan tampil di Jakarta dalam rangkaian kegiatan Serambi Jazz Juni 2011.  Mereka terdiri dari Eric Legnini (piano), Kontrabas Thomas Bramerie dan drummer Franck Agulhon.

Mereka akan membawakan lagu-lagu dari album ketiga mereka Trippin’. Album ini dibuat sebagai penghormatan terhadap album grup, The Meters, yang berjudul Truttin’ (Josie, 1970). Sebenarnya, album ini lebih dari sekedar tribut kepada irama rhythm and blues New Orleans. Album ini tidak hanya berisikan irama-irama yang funky, danceable, tetapi juga memberikan nuansa ballads, soul, groove, blues, swing dan hardbop.4

Album pertamanya Essentials dirilis oleh label Igloo, selepas itu Eric memutuskan belajar di Amerika Serikat ketika ia berusia 18 tahun. Tinggal di New York sekitar 2 tahun membuatnya tertarik pada kehidupan kosmopolis. Ia kemudian tertarik dengan hal lain seperti rap dengan artis seperti Public Enemy dan Ice-T.

Di New York Eric Legnini belajar musik dengan Richie Beirach di Long Island University. Ia mengawali karirnya di pertengahan 90-an dengan menjadi pianis di kelompok kwartet pimpinan Stefano Di Battista. Permainannya yang terbuka dengan gaya yang khas jazz, phrasing yang kaya, sensual dan mampu mengawinkan dengan melodi dan vokal, menjadikannya pasangan sempurna dan berharga bagi sang alto saksofonis. Dengan bekal swing dan hardbop pianis ini tak butuh waktu lama untuk diperhitungkan di dunia jazz internasional.

Tahun 1994, Eric membuat sebuah komposisi untuk soundtrack “Ombres et Lumières” sebuah film yang disutradarai Samy Brunet. Sebelumnya, ia juga ditunjuk menjadi dosen di piano jazz di Brussels Royal Conservatory of Music.

Sebagai musisi jazz, ia telah merilis banyak album antara lain Essentiels (Igloo), Natural Balance (Jazz Club), Rhythm Sphere (Igloo), Antraigues (Quetzal), Miss Soul (Label Bleu) dan Big Boogaloo (Label Bleu). Sepanjang karirnya ia telah banyak bekerjasama dengan sejumlah musisi terkenal seperti Flavio Boltro, Stefano Di Battista, Laurent Cugny, Eric Lelann, André Ceccarelli dan lainnya.

Selain tampil di Serambi Jazz pada tanggal 10 Juni 2011, Eric Legnini yang sempat tampil di Java Jazz Festival 2007 silam, akan tampil pula sehari sebelumnya di CCF Bandung Kamis 9 Juni 2011.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker