News

“Strings Attached Concert Series,” Kado dari Shadow Puppets Quartet untuk DKI Jakarta

Laporan Konser Shadow Puppets Quartet dalam Rangkaian Jakarta Anniversary Festival IX – 2011.

Juni adalah bulan spesial untuk Jakarta, karena di tanggal 22 setiap tahunnya dirayakan sebagai peringatan hari lahirnya kota yang kini memasuki usia 484 tahun. Pun, dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun tersebut, sebuah festival bertema urban art diadakan untuk menyuguhkan aneka ragam kesenian mulai dari tradisi, klasik, alternatif hingga kontemporer. Semua terangkum dalam Jakarta Anniversary Festival (JAF) yang telah berlangsung untuk kali kesembilan. Sabtu malam (18/6), Shadow Puppets Quartet (SPQ) menggelar konser dengan format lain dari biasanya, bertajuk “Strings Attached Concert Series.”

Pertunjukan malam itu terbagi menjadi dua sesi; pertama dalam bentuk double quartet dan kedua menjadi format aslinya yaitu jazz quartet. Dimulai pukul delapan, SPQ yang biasanya tampil berempat dengan personil Irsa Destiwi (piano), Robert Mulyarahardja (gitar), Indrawan Tjhin (kontrabas), dan Yusuf Shandy Satya (drum), menambah harmonisasi dengan menyertakan empat musisi pendukung dalam format kuartet gesek (dua violin, satu viola, dan sebuah cello). Ekstensi tersebut sangat beralasan karena di sesi pertama mereka menampilkan empat komposisi baru yang tercantum pada album kedua SPQ. Pembuka konser adalah “Juwita” milik Robert yang diawali dengan gesekan instrumen gesek kemudian temanya diambil alih oleh Irsa, mendentingkan piano sembari mendengung secara unison. Meskipun tampak beberapa selip nada pada birama depan, namun hal tersebut dapat segera teratasi dan kembali ke jalur yang benar.

Shadow Puppets Quartet, Gedung Kesenian Jakarta, 18 Juni 2011
Shadow Puppets Quartet, Gedung Kesenian Jakarta, 18 Juni 2011

Berlanjut ke gubahan kedua oleh Yusuf, “Our Own Little World” dengan awalan teknik petikan (pizzicato) di string section. Komposisinya serius namun jenaka, kemudian yang ketiga milik Indrawan berjudul “Pulang” di mana melodi-melodi indah mengalir dari gesekan juga betotan kontrabas secara ekspresif. Menjelang pukul sembilan, komposisi “Tree House” dari Irsa, yang malam itu juga menjadi juru bicara SPQ mengakhiri sesi pertama.

Selepas rehat dua puluh menit, SPQ hadir kembali dalam format orisinil kuartet jazz lewat nomor “Errands to Run” terambil dari album perdana mereka. Tema sekuensial sederhana diolah sedemikian rupa dengan kreatif sehingga menyenangkan untuk dinikmati. Pada “Sushi & Philosophy” milik sang drummer, kentara sekali hentakan beat jazz latin yang membuat malam itu tambah meriah dan dinamis. Kontras dengan itu, gubahan ketiga berjudul “21-41” membius audiens dengan pesona ballad. Sang komponis selaku pianis SPQ, Irsa, menerangkan, “sebenernya judul komposisi ini nggak ada artinya, 21-41 cuma nunjukin waktu karya ini selesai dibuat,” jelasnya. Puas dengan ballad yang mendayu-dayu, kini giliran Robert beraksi agak rumit lewat gubahannya, “Klangenfarben,” bahasa Jerman untuk “warna suara.” Terdapat pula selipan unison kontrabas dan piano yang berpadu pukulan rampak drum set.

Shadow Puppets Quartet, Gedung Kesenian Jakarta, 18 Juni 2011.
Shadow Puppets Quartet, Gedung Kesenian Jakarta, 18 Juni 2011.

Usai delapan komposisi dan penyerahan karangan bunga, penonton meminta aksi tambahan dari SPQ. Akhirnya empat sekawan itu memberi bonus  berupa encore “Yusuf Hamdani” kepunyaan Robert yang juga terdapat pada album pertama. Bedanya, malam itu ditampilkan dalam aransemen baru yang pastinya lain dengan versi rekaman. Setelah nomor kesembilan tersebut, konser itu barulah benar-benar tuntas. Sebuah pertunjukan yang menarik oleh Shadow Puppets Quartet dengan skill mumpuni serta kematangan komposisi empat anak muda berbakat yang konsisten bermain jazz tulen. Kado yang apik buat Jakarta!

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker