FestivalNews

Bekasi Jazz Festival 2011: Great Nation, Great Jazz – Indonesian Jazz!

Jumpa Pers Bekasi Jazz Festival 2011, Bekasi Square, 13 Juli.

Setelah berhasil menggelar festival jazz pertama di kota Bekasi tahun lalu, pada tahun ini Bekasi Jazz Festival (BJF) dipastikan kembali hadir. Selama dua hari berturut-turut, BJF 2011 akan diadakan pada tanggal 8 dan 9 Oktober. Dengan tema utama “Great Nation, Great Jazz – Indonesian Jazz,” BJF 2011 akan menyuguhkan penampilan musisi-musisi jazz lokal dan internasional, namun tetap berpegang pada misi untuk memajukan jazz Indonesia supaya makin dikenal luas dan membanggakan.

Diadakan pula sebuah konferensi pers pada Rabu (13/7) sore, bertempat di sentra belanja Bekasi Square, yang merupakan venue utama, sama seperti BJF edisi sebelumnya (2010). Selaku pembicara adalah penggagas BJF Yoyok CR, pihak manajemen Bekasi Square, perwakilan KADIN Bekasi, serta musisi pendukung BJF 2011 Ireng Maulana, Benny Likumahuwa, Cendy Luntungan, dan penyanyi jebolan Indonesian Idol, Nania. Yoyok menjelaskan, “tujuan festival ini salah satunya untuk mengangkat citra kota Bekasi, BJF hadir bukan untuk menjadi pesaing di antara maraknya pagelaran musik jazz di Indonesia, tapi kami justru ingin menjadi sebuah alternatif bagi para penikmat musik jazz,” tuturnya.

Bekasi Jazz Festival 2011 - Press Conference
Bekasi Jazz Festival 2011 - Press Conference

Festival ini akan mengundang sejumlah musisi manca negara dan dalam negeri, baik muda maupun senior yang diharapkan dapat membuat sebuah pertunjukan jazz atraktif dan menghibur. BJF adalah buah kerja keras Y2K Jazz Community (YJC) yang bekerjasama dengan pihak Pemerintah Kota Bekasi. Tahun ini sekurangnya 74 grup akan tampil selama dua hari pelaksanaan BJF 2011, di antaranya terjadwal band akustik asal Filipina M.Y.M.P., Galaxy Big Band dan Kyoto Jazz Massive dari Jepang, grup LOGIC yang hadir dari Australia, juga musisi-musisi tanah air seperti Barry Likumahuwa Project, Idang Rasjidi, Dira Sugandi, Syaharani and the Queenfireworks, Indro Hardjodikoro, Endah N’ Rhesa, Monita Tahalea, Calvin Jeremy, Maliq & D’essentials, dan masih banyak lagi.

Buat anda para penikmat jazz di Bekasi dan sekitarnya, bersiaplah untuk menyaksikan pagelaran jazz terbesar di kota ini, dan bagi tim panitia, selamat bekerja dan semoga sukses. Salam jazz!

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker