Jazz di Batam & BintanNews

4th Asean Jazz Festival kembali hadir di Harbour Bay Batam

Dalam rangka program Wonderful Indonesia dan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara utamanya cross-border visitor atau kunjungan lintas batas negara, Kemenbudpar RI kembali mempersembahkan acara jazz festival berskala internasional selama dua hari di Harbour Bay – Pulau Batam.

Direktorat Jendral Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Sapta Nirwandar menyatakan,“ASEAN Jazz Festival merupakan salah satu program unggulan dari Kemenbudpar RI. yang merupakan tahun keempat penyelenggaraannya dan menjadi bagian dari untaian Jazz Nusantara yang dimulai dari Batam hingga Ambon”.

Asean Jazz Festival akan digelar pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 22-23 Juli 2011 mulai pukul 19.00 wib dan tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum.

***

Sejumlah musisi Jazz dari Indonesia dan Mancanegara telah menyatakan siap ambil bagian. Adapun para bintang yang kali ini akan tampil adalah kelompok East Mania yang terdiri dari Kamal Musallam (Oud-Guitar dari Uni Emirat Arab), Dwiki Dharmawan (piano – Indonesia), Israel Varella (drums – Mexico), Nasser Salameh (perkusi – Jordania) dan penyanyi Paola Repele (Italia).

Penyanyi Natasha Patamapongs dari Thailand, gitaris Jeremy Tordjman (Singapura/France) dan vocalis Sandra Lim-Viray serta drummer Jun Viray (Philipina) akan hadir mewakili negara-negara di Tenggara Asia.

Dari Indonesia, akan hadir Dwiki Dharmawan Quartet, Yeppi Romero Acoustic Smile, Iga Mawarni, Dira J. Sugandi, Nita Aartsen Quattro, the Jongens Jazz 4tet, Iwan Abdie.

Kelompok Jazz Rock LIGRO dengan drummer Gusti Hendy, gitaris Agam Hamzah, bassis Adi Darmawan akan menghangatkan nuansa Jazz di pelabuhan yang dapat ditempuh sekitar 45 menit dari Harbourfront Singapura.

Sederetan penampil terbaik lainnya seperti saxophonis Arief Setiadi, drummer Dimas Pradipta, Rio Moreno Quartet, Demas Narawangsa (drums), Donny Koeswinarno (saxophone, flute), Bogie Prasetyo, Adi Prasodjo (perkusi), Donny Sundjojo(akustik bass) dan Bintang Indrianto (elektrik bass) akan membuat Asean Jazz Festival 2011 salah satu program terbaik 2011

Seperti halnya tahun lalu, kelompok pecinta komunitas Jazz di Batam juga turut ambil bagian dengan menyertakan tiga band sekaligus yaitu Cleo, Chetnique dan Al Capone.

Disisi lain Pemerintah Kota Medan dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan juga turut berpartisipasi dengan mengirimkan Medan Jazz Community menghadirkan drummer Dino dan kawan-kawan.

Panitia Asean Jazz Festival telah mempersiapkan acara yang akan dikemas selama dua hari di tiga panggung yang akan berlangsung secara berurutan dan memperbesar area pertunjukan sekaligus menyediakan bazaar yang menjual pernak-pernik atau merchandise Asean Jazz Festival plus booth yang menyediakan beragam produk pariwisata, program atau informasi dan promosi.

4th ASEAN Jazz Festival kali ini seperti halnya tahun lalu diadakan di kawasan bisnis terpadu sekaligus pelabuhan Ferry dari dan ke Singapura. Semilir angin laut dan suasana festival yang cozy beserta pemandangan cantik lampu-lampu kapal pada malam hari akan menjadi lansekap yang melengkapi sajian music penuh improvisasi.

***

Selain kegiatan Asean Jazz Festival, Kemenbudpar RI juga mempersembahkan 2nd Jazz on the Beach, di Pulau Bangka dengan penampilan beberapa artis seperti Andien, Soulmate, Dwiki Dharmawan World Peace Ensemble, Zoltan Renaldi, Demas Narawangsa, Ade Rudiana pada tanggal 27 Juli 2011.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker