FestivalNews

The 4th Hong Kong International Jazz Festival: 8 Hari, Dengan 300 Penampil Dari 24 Negara!

HKIJF 2011 Logo
HKIJF 2011 Logo

Benar, selama delapan hari berturut-turut terhitung 25 September hingga 2 Oktober 2011, Hong Kong akan menggelar festival jazz internasional yang keempat. The 4th Hong Kong International Jazz Festival (HKIJF) menghadirkan lebih dari 300 performer dari 24 negara yang terbagi menjadi 60 rangkaian acara untuk mempromosikan jazz di kawasan ini. Pagelaran jazz akbar tersebut tersebar di 6 venue antara lain West Kowloon Cultural District, Hong Kong Cultural Centre, Hong Kong City Hall, The Mira Hong Kong, Tom Lee Academy Hall, dan Citywalk 2.

Sebagai penyelenggara adalah Hong Kong Jazz Association yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat, serta kucuran dana sebesar 100 juta Dollar Hong Kong siap digelontorkan oleh Mega Events Fund selaku sponsor utama.

Siapa saja musisi yang akan tampil pada HKIJF 2011? Deretannya dimulai dari Terence Blanchard, trumpeter pemenang 5 kali Grammy Award yang akan berkolaborasi dengan perkusionis Poncho Sanchez. Penampilan mereka nantinya akan menjadi debut di kawasan Asia untuk proyek terbaru Cubano Be Cubano Bop, sebuah tribute kepada Conga King, Chano Ponzo, dan Dizzy Gillespie. Ada pula Freddy Cole Quartet, Kurt Rosenwinkel, pianis Emil Viklický (Republik Ceko), Nguyên Lê’s Saiyuki, Maria João & Mário Laginha (Portugal), Michel Bisceglia (Belgia), Chico and the Gypsies (Perancis), Amsterdam Klezmer Band (Belanda), Alexandre Cunha (Brazil), musisi jazz lokal Ted Lo and The Jazz Strings Ensemble, dan lain-lain.

Selama 8 hari, HKIJF 2011 akan menyajikan ragam warna jazz yang kaya, baik mainstream, avant-garde, gypsy jazz, Afro-Cuban, elektronika, fusion, sampai klezmer dan World Music. HKIJF turut pula mengemban misi pendidikan lewat Children Jazz Workshops yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak dalam memaknai dan mengalami apa yang disebut “improvisasi,” sebagai esensi dari jazz.

Informasi lengkapnya silakan klik situs resmi The 4th Hong Kong International Jazz Festival http://www.hkijf.com/en/

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker