News

Balawan Gamelan Maestro Project di Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta akan menghadirkan konser Balawan Gamelan Maestro Project pada tanggal Sabtu, 24 September  2011, pkl 20.00 WIB dengan harga tiket:   Rp 100.000,- & Rp 75.000,- (balkon).

Sebuah project yang menampilkan Maestro-maestro gamelan Bali agar lebih dikenal secara individual dimana Balawan berkolaborasi membuat komposisi bersama para Maestro Gamelan, yaitu I Made Subandi dan I Ketut Lanus sebagai pemegang alat Gangsa Rindik dan Kendang Percussion dengan didukung oleh I Wayan Balawan pada guitar dan synth, Ketut Tarmadi pada bass, I Nyoman Suarsana pada kendang dan suling, serta I Wayan Sudarsana pada Suling Cengceng dan Genggong.

Lagu yang akan dimainkan antara lain: Pangbe, Made Cenik, Ririmemeri, Kotekan, Bali Latino, Whats, Left Now in Our Land, dan Barat Birit.

Kegiatan konser ini merupakan bagian dari GEDUNG KESENIAN JAKARTA INTERNATIONAL FESTIVAL (GKJIF) 2011

***

Balawan adalah gitaris yang dikenal karena teknik tapping-nya. Ia telah merilis sejumlah album antara lain GloBALIism bersama Batuan Ethnic Fusion (1999- Chicoira), lalu Balawan Solo (2001-Acoustic Music Records Jerman), Magic Fingers (2006- SonyBMG Indonesia) dan See you soon (2009-Universal Music Indonesia). Album yang terakhir disebut dirilis dalam dua format sekaligus yaitu CD dan DVD yang isinya instruksi bagaimana cara bermain gitar ala-Balawan.

Bersama gitaris lain, Budjana dan Tohpati, Balawan sempat merilis pula DVD dan CD dibawah nama kelompok “Trisum” pada tahun 2006 dan 2007 dibawah label SonyBMG dan Five in One secara independen.

Kelebihan utama Balawan terletak pada kecepatan jemarinya memainkan gitar bak seorang pianis yang ‘memencet-mencet’ tuts. Dan tak hanya itu, penggemar berat Van Halen ini mengawinkan pola permainannya dengan musik gamelan Bali. Hasilnya adalah musik Jazz yang terdengar unik.

Pria kelahiran Gianyar Bali ini sempat menjelajahi berbagai panggung mulai dari Jerman, Norwegia, Jepang, Belanda, Hongkong, Amerika Serikat sampai Kanada. Bermain di festival jazz maupun blues.

***

Anda yang tertarik menonton dan membutuhkan informasi lebih lanjut silakan menghubungi Gedung Kesenian Jakarta, Roelly: 021 – 3441892, 96693433, sms:  0857 1591 1169 atau email: tiket@gedungkesenianjakarta.co.id
Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker