EducationNews

Seperempat Abad Thelonious Monk Institute of Jazz

Institusi pendidikan nirlaba Thelonious Monk Institute of Jazz akan merayakan tahun ke-25 dengan konser gala dan kompetisi piano jazz internasional pada 11 dan 12 September 2011. Dua belas semifinalis dari berbagai belahan dunia akan bersaing unjuk kebolehan, untuk selanjutnya terpilih tiga orang finalis yang akan diumumkan pada akhir program. Sebagai juri adalah para pianis jazz ternama; Herbie Hancock, Ellis Marsalis, Danilo Perez , Jason Moran, Danilo Perez, dan Renee Rosnes.

“25 tahun lalu, Thelonious Monk Institute of Jazz didirikan untuk memuliakan esensi kultural dan historis atas musik jazz serta untuk mengembangkan edukasi jazz,” terang Thomas Carter, presiden Monk Institute. Program spesial untuk merayakan hidup dan musik Thelonious Monk turut pula menjadi tajuk utama pada konser gala, dengan mengundang sederet musisi pemenang kompetisi tersebut sejak 1987. Konser itupun akan diabadikan dalam bentuk rekaman oleh label Concord Music Group.

Dipastikan juga penampilan dari beberapa insan jazz terdepan, di antaranya Wayne Shorter, Terence Blanchard, Joe Lovano, Ron Carter, John Patitucci, Christian McBride, Joey DeFrancesco, Aretha Franklin, Dee Dee Bridgewater, Kurt Elling, Roberta Gambarini, Gretchen Parlato, dan masih banyak lainnya.

Tentang Thelonious Monk Institute of Jazz

Poster Thelonious Monk International Jazz Piano Competition 2011
Poster Thelonious Monk International Jazz Piano Competition 2011

Empat tahun sejak wafatnya Thelonious Monk (1917-1982), Monk Institute dibentuk atas upaya anggota keluarga Thelonious dan Maria Fisher, seorang filantrofi dan penyanyi opera yang menaruh perhatian pada pendidikan musik. Semenjak berdiri, Monk Institute mengorganisir program edukasi jazz di sekolah-sekolah seantero Amerika Serikat, juga kompetisi bergengsi International Jazz Competition yang dimulai tahun 1987.

Pemenangnya antara lain saksofonis Joshua Redman (1991), pianis Marcus Roberts (1987), vokalis Teri Thornton (1998) yang diikuti Jane Monheit dan Tierney Sutton (runner-up) serta Roberta Gambarini (pemenang ke-3). Ada pula Gretchen Parlato yang menjuarai kompetisi vokal tahun 2004.

Misinya adalah untuk menciptakan program pendidikan jazz setara kuliah di mana para suhu jazz terkemuka meneruskan ilmu mereka kepada generasi selanjutnya, seperti yang dilakukan Thelonious pada apartemennya di Manhattan di era 1950/60-an. Thelonious Monk Institute of Jazz memberikan lebih dari 60.000 Dollar Amerika dalam bentuk beasiswa dan hadiah setiap tahunnya.

Silakan mengunjungi situs Thelonious Monk Institute of Jazz pada http://www.monkinstitute.org/

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker