DVDNews

Film dokumenter Medeski Martin & Wood, “Fly in a Bottle,” segera rilis akhir Oktober

Titel: Fly in a Bottle
Sutradara: Billy Martin
Format: DVD
Label: Indirecto Records, 2011

Medeski Martin & Wood - Fly in a Bottle
Medeski Martin & Wood - Fly in a Bottle

Untuk pertama kalinya, sebuah dokumentasi video tentang band asal New York, Amerika Serikat, Medeski Martin & Wood (MMW) akan beredar dalam format DVD. MMW adalah John Medeski (piano, kibor), Billy Martin (drum, perkusi), dan Chris Wood (kontrabas, bas gitar), trio eksperimental bergaya eklektik yang telah meramaikan dunia persilatan jazz sejak 1991.

Meramu aneka preferensi bunyi, grup ini seringkali mendapat deskripsi “avant-groove” atas musiknya yang idiosinkratik.

Drummer/perkusionis Billy Martin ialah sang sutradara film ini, yang bakal diluncurkan 25 Oktober mendatang. Billy menggunakan kamera film 16mm serta camcorder beresolusi tinggi (HD – high definition) untuk merekam segala aktifitas MMW ketika melakukan tur ataupun dalam studio waktu sesi rekaman instalasi The Radiolarian Series (Indirecto Records, 2008-9).

Fly in a Bottle menampilkan gambaran MMW secara intim, dengan fokus pada interaksi antar personil pula musik yang mereka buat selama 20 tahun lebih bersama.

DVD tersebut menyediakan akses penuh bagi para fans maupun kritikus MMW tentang keseharian mereka. Sesuatu yang begitu nyata, alami, dan sangat personal.

Di dalamnya terdapat bonus video klip “Amber Gris” dan “Incant to Chantes Des Femmes” tersutradara Grey Gersten, juga sebuah fitur berjudul “CW,” perihal hubungan Chris Wood dengan John Medeski dari sudut pandang Billy Martin selaku sutradara. Direkam dalam bus saat tur, “CW” adalah proyeksi visual atas nomor “First Light,” komposisi yang menyertakan radio transistor sebagai elemen bunyi, seperti halnya “Chasen vs. Suribachi.”

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker