News

Dee Dee Bridgewater Duta FAO untuk perangi kelaparan dunia

Sebagai Duta Pangan PBB dan Pertanian (FAO), Bridgewater terus mencari dukungan solidaritas internasional untuk membiayai banyak proyek akar rumput dalam memerangi kelaparan dunia.

Bertepatan dengan ulang tahun ke-66 berdirinya FAO, sebuah acara spesial digelar 27 Oktober lalu di New York dimana Dee Dee Bridgewater berbicara pada acara tersebut sebagai bagian dari kampanyenya untuk mengakhiri kelaparan.

Bridgewater saat ini di tengah melakukan tur dunia dalam mendukung MIDNIGHT SUN, sebuah koleksi lagu-lagu cinta dari sang pemenang tiga kali Grammy dan Tony award. Dirilis oleh DDB Records / Emarcy (Universal), dan disebut semacam “surat cinta”, Midnight Sun, diproduksi oleh Tulani Bridgewater-Kowalski, dengan rekaman melintasi lanskap kisah memilukan, melodi cinta yang hilang, menyayat hati maupun balada. Midnight Sun sendiri adalah rilis keempat di DDB Records – label miliknya.

Selama karir yang telah berlangsung empat puluh tahun, Diva Jazz Dee Dee Bridgewater berada di jejeran puncak vokalis saat ini, memposisikan dirinya sebagai orang yang berani mengambil lompatan dan berani mereka ulang lagu jazz klasik. Karir Bridgewater menjadi jembatan bagi berbagai genre musik.

Pengalaman profesional yang didapatkannya sebagai anggota musisi legendaris Thad Jones / Mel Louis Big Band, dan penampilannya di era sepanjang 70-an bersama tokoh-tokoh jazz seperti Max Roach, Sonny Rollins, Dexter Gordon dan Dizzy Gillespie.

Setelah terjun ke dunia musik pop selama 1980-an, ia pindah ke Paris dan mulai mengalihkan perhatian kembali ke Jazz. Penandatanganan kontraknya dengan Universal Music Group sebagai produsen (Bridgewater memproduksi sendiri semua CD-nya), Bridgewater merilis serangkaian judul album yang diakui seperti pada “Keepting Tradition” tahun 1993.

Satu persatu albumnya mendulang sukses seperti album persembahannya untuk Ella Fitzgerald berjudul Dear Ella – telah menerima nominasi Grammy.

Bridgewater yang mengejar karir paralel di teater musikal juga berhasil memenangkan Tony Award untuk perannya sebagai “Glinda, si penyihir baik dari Selatan” di The Wiz pada tahun 1975. Sophisticated Ladies, Black Ballad, Carmen dan Lady Day, tribute pada penyanyi Billie Holiday dimana ia dinominasikan untuk penghargaan Laurence Olivier Inggris untuk Aktris Musikal Terbaik.

Dia juga menjadi aktris Afrika-Amerika pertama untuk memainkan peran Sally Bowles di Cabaret, yang dipentaskan di Teater Mogador Paris. Bridgewater juga menjadi host program sindikasi radio NPR yang disiarkan tiap mingg bernama JazzSet, yang sekarang sudah masuk dalam dekade kedua di udara disampaing tentu saja rekamannya tersedia di seluruh dunia dan ia masih aktif melakukan tur global, yang rata-rata selalu terjual habis baik domestik maupun internasional.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker