NewsNgayogjazzWarta Jazz Festival

Idang Rasjidi untuk Ngayogjazz 2011: Saya spontan dan mengalir saja

Idang Rasjidi saat tampil di Jazz in Harmony, Santika
Idang Rasjidi saat tampil di Jazz in Harmony, Santika

Saat bertemu dengan pianis Idang Rasjidi Rabu malam(02/11) di Black Cat Senayan – sebuah restaurant yang menawarkan sajian musik sebagai salah satu menu, selain menu hidangan makan malam dari New Orleans, tempat lahirnya Jazz – ia langsung menyambut dengan hangat.

Udara diluar memang dingin, Jakarta baru saja diguyur hujan, dan Idang Rasjidi malam itu datang dari Bogor untuk tampil di BlackCat bersama Ananda Sutrisno Mates (bass), Taufan Goenarso (drums), Tiko Laksana (guitar) serta penyanyi Kemala Ayu.

“Saya baru saja pulang dari Lampung. Audiens disana luar biasa”, ujarnya membuka percakapan. Idang memang gemar berkeliling ke daerah-daerah, membagikan ilmu dan pengalamannya bermusik Jazz. Ia tak peduli terkadang kondisi setempat serba kekurangan. “Pernah saya dibayar pakai Ayam”, ucapnya setengah bercanda.

Saat ditanya bagaimana konsep penampilannya di Ngayogjazz yang akan digelar 12 November 2011 di Pasar Kota Gede, Yogyakarta Idang Rasjidi yang memiliki dua anak yang juga aktif mengisi panggung-panggung Jazz tanah air – Shadu dan Shaku Rasjidi – menjawab, “Saya akan tampil spontan dan mengalir”.

Idang merasa memiliki keterikatan emosional dengan Djaduk Ferianto – sang penggagas Ngayogjazz bersama sejumlah institusi lain termasuk WartaJazz – “Djaduk itu sangat musikal. Saya sudah tahu format teman-teman di Jogja. Djaduk bilang main yang seperti biasa (kami) mainkan”, ujar Idang. “Kalau kita pake latihan akan menghabiskan waktu. Saya akan ngobrol dulu sebelum manggung, percakapan itu akan menjadi titik tolak permainan nanti”, tambahnya lagi.

Ngayogjazz adalah sebuah tradisi musik tahunan dalam memainkan musik Jazz di Yogyakarta. Acara satu hari ini digelar pada Sabtu Wage, 12 November 2011 bertempat di Pasar Kotagede Yogyakarta mulai pukul 14.00 wib – selesai.

Sejumlah  tamu musisi jazz Indonesia akan memeriahkan acara Ngayogjazz 2011. Selain Idang Rasjidi, akan hadir penyanyi  Rieka Roslan,  Trie Utami, Sierra Soetedjo lalu Trio Jazz-Rock Ligro yang terdiri dari Adi Dharmawan, Agam Hamzah, Gusti Hendy plus Tesla Manaf Manaf feat. Mahagotra Ganesha (Bandung), Nano Tirta (Jogja).

 

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker