News

simakDialog menyapa Bali di IMEX 2011

Kelompok simakDialog yang sempat tampil di ajang JazzAhead April 2011 lalu akan menyapa publik dan tamu yang hadir dalam rangka IMEX, Indonesian Music Expo 2011 yang berlangsung di Bali, nanti malam 14 November 2011.

Riza Arshad (piano, akordeon) yang mendirikan simakDialog mengamini soal keikutsertaan band dengan anggota Tohpati Ario Hutomo atau akrab disapa Bontot (gitar), Aditya Pratama (bass), Endang Ramdan tak sendiri; ada Erlan Suwardana (kendang Sunda) dan Cucu Kurnia (metal toys) dalam acara IMEX.

“Kami diundang oleh Franky Raden. Kami akan manggung kira-kira 50 menit”, ujarnya menjelaskan. Seperti apa sajian simakDialog, tentu saja ekplorasi mereka yang oleh WartaJazz, pernah ditulis yaitu, “Tahapan paling mapan dari evolusi mainkan jazz, yaitu punya suara sendiri di jalur kontemporer”. 

Seperti apa ciri khas sendiri itu? Rasanya gak seru kalau anda gak datang sendiri dan membuktikannya. Kurang meyakinkan?, simakDialog telah mendapat review positif dari hampir 200an media diseluruh dunia terutama pada album dua album terakhir mereka yang dirilis oleh MoonJune Records di Amerika Serikat.

“Kami banyak mengeksplorasi kendang yang menjadi subtitusi drum”, ujar Riza Arshad ketika dihubungi beberapa hari lalu.

simakDialog sedang mempersiapkan album keenam. Tapi mereka tidak menyebut pasti kapan akan dirilis. “Kami membutuhkan proses”, tambah Ija – demikian ia akrab disapa.

Baiklah, anda yang (kebetulan) berada di Bali bisa segera mampir ke IMEX dan membuktikan sendiri bagaimana kehadiran alat-alat tradisi dalam lebur Timur dan Barat yang baru dimana secara melodi misalnya tidak ada nada pentatonik Pelog masuk ke dalamnya.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker