News

8th Penang Jazz Festival digelar dari 1 hingga 4 Desember 2011

Penang Island Jazz Festival akan kembali di gelar. Bertempat di Bayview Beach Resort, Batu Ferringhi Penang kegiatan pesta jazz yang tahun ini masuk dalam usia penyelenggaraan ke delapan siap digulirkan dari tanggal 1 hingga 4 Desember 2011.

Pulau Pinang atau Penang (dibaca oleh masyarakat setempat Pineng, red) merupakan sebuah Negara Bagian Malaysia, yang terdiri dari Pulau Pinang seluas 293 km², dan “Seberang Perai” yang terletak di pantai barat Semenanjung Malaysia seluas 760km² . Asal namanya dari pohon Pinang. Pulau ini diasaskan oleh Francis Light pada tahun 1786 dan merupakan salah satu negara bagian yang termaju dan terkaya dalam Malaysia.

Kegiatan akan digelar di satu panggung utama, lima panggung Fringe atau pre-event, satu Sunset Stage dan beberapa kegiatan pendukung lainnnya.

Sejumlah musisi mancanegara menyatakan siap berpartisipasi. Mereka antara lain Yuri Honing Wired Paradise (Belanda), SHAKATAK (Inggris), Fred Cheah & The JazzHats (Penang), Espen Eriksen Trio, Michaela Rabitsch & Robert Pawlik Trio (Austria),  Jiyoung Lee Quartet (Korea), Amir Yussof Acoustic Project, Eva Bjerga Haugen with EET, Ulf & Eric Wakenius – Father and Son (Swedia), Rusconi (Swiss), Nina Van Horn (Amerika Serikat). Panitia mengundang Rio Sidik Quartet dari Bali untuk mewakili Indonesia.

Ada sebuah perkembangan menarik yang terlihat jika dibandingkan penyelenggaraan Penang Island Jazz Festival tahun-tahun sebelumnya, dimana kegiatan diselenggarakan selama empat hari. Hal ini mungkin ada pengaruhnya dengan waktu liburan sekolah di Malaysia seperti yang disampaikan oleh Paul Agustin, direktur festival pada WartaJazz lewat emailnya beberapa waktu lalu.

The “Jazz By The Beach Stage” yang digelar di halaman Bayview – kombinasi lapangan tennis yang disulap menjadi area pertunjukan –  plus sejumlah hotel lain yang turut berpartisipasi antara lain Hard Rock Hotel, ParkRoyal Penang Resort, Lone Pine Hotel dan G Hotel), termasuk pula Sundown Programme di Tropical Spice Garden, Sesi “An Evening With ….” @ G Spot.

Kegiatan yang tak kalah menariknya yaitu digelarnya Workshops, lalu Forum Island Jazz, Pameran foto dan poster Jazz juga Lukisan dan sejumlah instrumen perkusi. Panitia juga mengadakan acara “Jazz With A Heart” Charity Dinner, Jazz & Poetry sessions, “10 minute” Platform, Band On The Move, Creative Malaysia Programme, Community Drum Circle dan After Hours Jazz Jam yang biasanya digelar setelah acara festival usai digelar tengah malam.

Kegiatan 8th Penang Island Jazz Festival diorganisir oleh Capricorn Connection, dan didukung olehMalaysia Convention & Exhibition Bureau (MyCEB).

TIket masuk pertunjukan sebesar RM63 per malam. Informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs www.penangjazz.com. Jika anda yang berdomisili di Indonesia tertarik untuk membeli paket, silakan menghubungi sales@wartajazz.net

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker