News

Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2011 (Jakarta): Jazz-nya kaum urban?

Liputan Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2011, Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta, 18 November 2011.

Tahun ini adalah kali ketiga digelarnya Urban Jazz Crossover oleh Dji Sam Soe, seperti edisi sebelumnya, acara bertajuk Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2011 itu berlangsung di kota-kota besar tanah air yang berakhir di ibukota. Untuk tahun 2011, sebelum putaran penutup di Jakarta, perhelatan ini lebih dahulu meramaikan Medan (30/9), Pekanbaru (8/10), Surabaya (28/10), dan Bandung (4/11) hadirkan musisi lintas aliran; Syaharani, Raisa Andara, David (vokalis band Naif), mantan penyanyi utama Jamrud Krisyanto, Once, Firman Idol, Kaka Slank, hingga pedangdut Ira Swara.

Syaharani - Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2011
Syaharani - Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2011

Selaku penata musik ialah Viky Sianipar, yang lebih dikenal publik dengan garapan world music. Tentang konsep acara, ia menuturkan,” Kami memilih para musisi berdasarkan kesesuaian karakter lagu yang akan dinyanyikan, disamping juga kerelaan mereka untuk ikut melakukan eksplorasi untuk menghasilkan sebuah penampilan yang berkelas dan inovatif,” terangnya.

Dimulai selepas pukul Sembilan malam, acara bermula oleh penampilan band akustik Jakarta Journey dengan cover lagu-lagu rock semisal “Why Can’t This Be Love” milik Van Halen. Dua gitar, satu bas, dan sebuah cajón terdengar cukup energik, ditingkahi antusiasme penonton pada lagu “Bento” kepunyaan Iwan Fals. Berlanjut tema futuristik atas tata panggung dan kostum, Syaharani hadirkan “Elevation” dari band U2, dengan pernak-pernik modern dance serta dominasi drum n’ bass yang mendentum.

Setelah penyanyi Raisa, nuansa 1940-an coba ditampilkan oleh Firman yang melagukan “Sedang Ingin Bercinta” bergaya swing sarat aksi teatrikal. Diteruskan David pada deretan tembang-tembang populer yang digemari anak muda, “Beautiful Girl” dari Bruno Mars, lagu “The Most Beautiful Girl in the World” karangan Prince, sampai “Beautiful Ones” oleh band Britpop Suede. Ribuan audiens yang tadinya lesehan, kini berdiri setelah termakan “hasutan” David.

Ada pula Ira Swara yang menanggalkan sihir dangdutnya, ia bernyanyi “Cinta Satu Malam” teraransir big band, serta berdegup funk pada “Don’t Cha” populer oleh The Pussycat Dolls. Bebunyian campur-aduk semakin bergaung waktu goyang reggae atas “Three Little Birds” dibawakan Ras Muhammad bersama jentik gitar Viky. Ira muncul kembali bersama penyanyi tenor atas tembang “In the End” milik Linkin Park.

“Bicycle Race” kepunyaan Queen berbunyi, dipandu vokalis Once yang kemudian melanjutkan dengan “Aku Di Sini Untukmu” berkelir nu-jazz. Turut pula dinyanyikan, “All For One” teringat lantunan Bryan Adams, Sting, dan Rod Stewart, malam itu diwakilkan oleh Once, Krisyanto, dan Firman.

Tetap dengan gayanya yang rock n’roll, Kaka bernyanyi sambil duduk di atas speaker, “Terlalu Manis” pun mulai terdengar, penonton yang hafal ikut bernyanyi. Magnum Filter Urban Jazz Crossover 2011 berakhir lewat hit The Rolling Stones, “(I Can’t Get No) Satisfaction,” satu demi satu pendukung acara meramaikan panggung untuk campur suara hingga konser malam itu tuntas.

Apapun persepsinya, mungkin perlu untuk menyimak perkataan Once di atas pentas, “Udah cukup nge-jazz belum? Nggak penting buat saya,yang penting kita have fun!” tuturnya.

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker