News

Rio Sidik Quartet wakili Indonesia di 8th Penang Island Jazz Festival

Rio Sidik
Rio Sidik

Trumpeter Rio Sidik yang baru saja kembali dari konser di Rusia sudah dijadwalkan kembali untuk hadir mewakili Indonesia dalam ajang 8th Penang Island Jazz Festival yang berlangsung di Pulau Pinang, Malaysia pada tanggal 3-4 Desember 2011 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Rio Sidik dalam percakapan dengan WartaJazz, Jumat (25/11) disela-sela perjalanannya dari Bali menuju Semarang, juga untuk sebuah konser.

Untuk Penang Island Jazz Festival (PIJF), penampilan Rio Sidik adalah untuk kali kedua, karena sebelumnya ia pernah tampil bersama kelompok Saharadja yang untuk sementara ini masih vakum. “Belum ada rencana lagi. Kami hanya sempat konser lagi beberapa bulan yang lalu untuk Raja Agung Malaysia dan teman-teman di Bali”, ujarnya menjelaskan kelompoknya yang pernah merilis album perdana di Afrika Selatan.

Trumpeter Rio Sidik membawa formasi Quartet dengan anggota Ito Kurdhi (Bass),  Erik Sondhy (Piano) dan Edy Siswanto (Drums).

Sewaktu ditanya seputar rencana album dengan Rio Sidik Quartet, pria asal Surabaya ini berkomentar pendek, “Pasti adalah…” tanpa merinci lebih jauh. Yang pasti ia memainkan Milestones milik trumpeter Miles Davis di albumnya di tahun 1958. Berdasarkan catatan kami karya ini juga dimainkannya bersama Indra Lesmana Reborn tahun 2000 silam.

***

Selain Rio Sidik Quartet, sejumlah musisi mancanegara juga akan berpartisipasi seperti  Yuri Honing Wired Paradise (Belanda), SHAKATAK (Inggris), Fred Cheah & The JazzHats (Penang), Espen Eriksen Trio, Michaela Rabitsch & Robert Pawlik Trio (Austria),  Jiyoung Lee Quartet (Korea), Amir Yussof Acoustic Pro ject, Eva Bjerga Haugen with EET, Ulf & Eric Wakenius – Father and Son (Swedia), Rusconi (Swiss), Nina Van Horn (Amerika Serikat).

Ada sebuah perkembangan menarik yang terlihat jika dibandingkan penyelenggaraan Penang Island Jazz Festival tahun-tahun sebelumnya, dimana kegiatan diselenggarakan selama empat hari. Hal ini mungkin ada pengaruhnya dengan waktu liburan sekolah di Malaysia seperti yang disampaikan oleh Paul Agustin, direktur festival pada WartaJazz lewat emailnya beberapa waktu lalu.

The “Jazz By The Beach Stage” yang digelar di halaman Bayview – kombinasi lapangan tennis yang disulap menjadi area pertunjukan –  plus sejumlah hotel lain yang turut berpartisipasi antara lain Hard Rock Hotel, Park Royal Penang Resort, Lone Pine Hotel dan G Hotel), termasuk pula Sundown Programme di Tropical Spice Garden, Sesi “An Evening With ….” @ G Spot.

Kegiatan 8th Penang Island Jazz Festival diorganisir oleh Capricorn Connection, dan didukung oleh Malaysia Convention & Exhibition Bureau (MyCEB).

 

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker