News

Shadow Puppets Quartet dan Mian Tiara akan tutup Serambi Jazz 2011

Menutup rangkaian Serambi Jazz 2011 akan tampil Shadow Puppets Quartet (SPQ) dan Mian Tiara. Kedua grup ini terdiri dari musisi-musisi yang pernah mengikuti lokakarya Serambi Jazz bersama musisi-musisi jazz Jerman. Mian Tiara adalah peserta lokakarya vokal dengan Kristiina Tuomi. Tiara dan Sandy Winarta juga mengikuti lokakarya Serambi Jazz bersama pemain drum Wolfgang Haffner.

Adalah sebuah kebanggaan sendiri bagi tim penyelenggara Serambi Jazz untuk dapat menampilkan kedua grup ini dalam satu pentas bersama. Kehadiran para alumnus lokakarya Serambi Jazz adalah bukti bahwa Serambi Jazz baik sebagai sebuah pertunjukan maupun sebagai sebuah program pelatihan dan pengayaan bagi para musisi jazz Indonesia telah berjalan dengan baik.

Kedua kelompok ini akan tampil di program Serambi Jazz, Jumat 9 Desember 2011 mulai pukul 19.30 di Goethe Institut, Jl. Sam Ratulangi 9-15 Jakarta Pusat. Seperti program sebelumnya, acara menarik ini tidak dipungut biaya.

***

Tiga tahun sudah Serambi Jazz turut mewarnai jazz scene lokal khususnya Jakarta. Frank Werner dari program budaya Goethe saat menyampaikan dalam konser Max.Bab  (30/09/’11) mengungkapkan hal spesial berkaitan Serambi Jazz dengan angka serba tiga; tiga tahun keberlangsungan acara, 30 band sudah, dan 9000 total penonton.

Ia pun menambahkan bahwa tiga sekaligus mewakili kesetimbangan pikiran, raga, dan jiwa. Apa yang dikatakannya soal setimbang ada benarnya mengingat antusiasme penonton yang seringkali menyesaki Goethe mewakili selera alternatif di tengah maraknya pentas jazz; kesetimbangan menu.

Serambi Jazz tak hanya digelar di Jakarta, tapi kini pun merambah ke Yogyakarta selain dengan setiap menyambangi kota kembang Bandung.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker