EducationNews

Berklee College of Music mulai pembangunan gedung baru senilai 100 juta dollar!

Sebuah gedung berbentuk menara setinggi 16 lantai siap dibangun oleh Berklee College of Music, Boston, Amerika Serikat. Peletakan batu pertama dilakukan akhir November lalu dan proyek ini dijadwalkan rampung dalam dua tahun, guna memfasilitasi para mahasiswa Berklee untuk tinggal, rekaman, tampil, dan berlatih.

Berlokasi di 160 Massachusetts Avenue, gedung seluas 155.000 kaki persegi ini meliputi asrama 370 kamar, dining hall dua lantai, sebuah ruangan konser 400 kursi, studio rekaman, pula kamar-kamar untuk berlatih individual maupun ansambel. Proyek seharga 100 juta dollar tersebut direncanakan tuntas paruh semester 2013.

“Ketika gedung ini nantinya selesai dibangun, kami dapat menampung seluruh mahasiswa Berklee, dan ini adalah pertama kali dalam sejarah,” terang Roger Brown, presiden Berklee College of Music. Ia menambahkan, “Juga ada sebuah kafetaria di dalamnya, sehingga di malam hari orang-orang dari lingkungan sekitar dapat berkunjung dan menimati musik. Di lantai basement kami meningkatkan jumlah studio rekaman hingga 300 persen dan ruang produksi, yang salah satunya berkapasitas 50 musisi,” imbuhnya.

Peresmian dimulainya pembangunan gedung baru di Berklee College of Music, Boston. (foto oleh Phil Farnsworth)
Peresmian dimulainya pembangunan gedung baru di Berklee College of Music, Boston. (foto oleh Phil Farnsworth)

Hadir pula walikota Boston, Thomas Menino yang merespons baik pembangunan ini, “Ini adalah kabar gembira bagi banyak pihak,” tuturnya. “Konstruksi ini mempekerjakan lebih dari 300 serikat pekerja, dan tentu dampaknya akan sangat signifikan,” tambahnya. “Berklee adalah institusi kelas dunia yang berperan besar untuk kemajuan kota Boston, termasuk dukungan edukatif di sekolah-sekolah publik, acara tahunan BeanTown Jazz, serta banyak menggelar pertunjukan gratis untuk masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Sebagai project architect adalah William Rawn Associates, Architects, Inc. asal Boston yang sebelumnya mendapat pujian untuk proyek Seiji Ozawa Hall di Tanglewood, Williams College ’62 Center for Theater and Dance, juga Cambridge Public Library.

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker