EducationNews

Awal Januari 2012, Gary Burton siap luncurkan program improvisasi jazz online

Gary Burton
Gary Burton

Kala dulu menjadi mahasiswa Berklee College of Music, Gary Burton menaruh ketertarikan pada improvisasi. Ketika selanjutnya mendidik, Gary menggunakan keterampilan improvisasi yang ia miliki, sebagai landasan apa yang disebut “Berklee approach” dalam metode pengajarannya.

“Apa yang saya miliki, saya rasa hal itu merupakan sesuatu yang menarik, yang dapat ditawarkan kepada para mahasiswa, karena saya adalah musisi profesional yang aktif dan mereka merasakan serupa, karena hal itu benar-benar nyata,” ujar Gary.

Kini, vibrafonis dan pemenang enam piala Grammy tersebut membawa misi ke tingkat yang lebih luas, ke dalam ruang kelas virtual.

Dimulai 9 Januari 2012, Gary akan menginstruksi secara intensif, dalam tahap 12 minggu kursus improvisasi jazz online melalui ekstensi daring berkleemusic.com.

Bertajuk Gary Burton: Jazz Improvisation, program tersebut menyajikan wawasan mendalam soal praktek mendasar improvisasi. Menurut Gary, cakupannya terbagi atas tiga pokok pengajaran yaitu pengetahuan teknik, analisis dan interpretasi, serta proses mental.

Sebagai permulaan adalah tentang insting dan kompetensi praktek untuk dapat berimprovisasi secara efektif. Dalam program ini, Gary pun akan menggali kompleksitas penampilan on-the-spot, termasuk menggarap solo, penggunaan dinamika, pula membahas interaksi pada ansambel.

Selain menekankan pada penguasaan dasar teknik musik semisal kromatikisme, voice leading, dan pengembangan tema, Gary juga tegaskan bahwa pola pikir yang baik adalah kunci keberhasilan sebuah improvisasi.

Fitur lain program ini adalah materi repertoar yang ekstensif, dari jazz standar hingga komposisi kontemporer. Selama winter term, para peserta akan mengulas karya-karya Duke Ellington, Thelonious Monk, Chick Corea, Michael Gibbs, Carla Bley, dan Steve Swallow.

“Untuk sekian dekade, para musisi jazz dengan ekspektasi tinggi dari seluruh dunia, berguru improvisasi kepada Gary di Berklee,” kata Debbie Cavalier, dekan pendidikan berkelanjutan Berkleemusic. Ia menambahkan, ”Kami tergugah untuk dapat menerjemahkan pendekatan Gary ke dalam kursus online ini, bukan hanya sebagai penggagas namun pula menjadi instruktur. Ini merupakan peluang emas yang belum pernah ada sebelumnya dan sangat bermanfaat bagi para musisi yang punya kemauan besar untuk maju.”

Informasi lengkapnya dapat diperoleh pada situs resmi http://www.berkleemusic.com/school/course/gary-burton-jazz-improvisation

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker