News

Wordpress 3.3 berkode Sonny Stitt diluncurkan

Tradisi Jazz dalam Wordpress, platform yang dipakai oleh banyak situs web kenamaan dunia, termasuk WartaJazz, kembali berlanjut dengan diluncurkannya Sonny Stitt, demikian kode yang dipakai untuk versi 3.3 dari Wordpress kali ini.

Saxophonis kelahiran Boston 2 Februari 1924 ini adalah seorang musisi Jazz Amerika yang identik dengan idiom bebop/hard bop. Dengan 100 rekaman lebih di sabuknya, ia disebut sebagai salah satu saxophonis yang dokumentasi (karyanya) terbilang baik.  Kritikus Dan Morgenstern menjulukinya  “Lone Wolf” karena tak pernah kenal lelah berkeliling (untuk tour) dan selalu setia pada Jazz. Ia dianggap salah satu murid terbaik Charlie Parker.  Meskipun awal inspirasinya datang dari Charlie Parker dan Lester Young, Stitt pada akhirnya menggembangkan gayanya sendiri, yang terpengaruh pada John Coltrane. Nama Stitt asosiatif dengan nomor blues atau ballad macam  “Skylark”.

Ia adalah anggota para bintang di kelompok Giants of Jazz yang anggotanya antara lain  Art Blakey, Dizzy Gillespie, Thelonious Monk, Kai Winding dan bassist Al McKibbon) dan pernah merekam karya untuk Atlantic Records, Concord Records dan Emarcy Records. His last recordings were made in Japan.

Edward “Sonny” Stitt meninggal dunia 22 Juli 1982 di Washington, D.C karena serangan jantung. Rekaman terakhirnya dibuat di Jepang “Last Stitt Sessions” dari Muse Records.

***

 Platform Wordpress awalnya dipakai oleh blogger untuk menuliskan jurnal harian mereka. Namun seiring semakin besar komunitas penggunanya, situs yang menggunakan Wordpress sebagai engine telah mengalami pergeseran. Platform ini banyak digunakan oleh perusahaan, media dan berbagai jenis website lain karena kemudahan dan pengembangan software yang dilakukan terus menerus.

Pendiri Wordpress yang pernah bertandang ke Jakarta dan sempat ngobrol dengan WartaJazz adalah seorang pecinta Jazz yang pandai meniup saxophone.

Dalam setiap rilisnya, Wordpress diberikan kode nama yang merupakan Tribute atau penghormatan pada musisi-musisi Jazz kenamaan. Beberapa nama yang pernah disinggung antara lain Monk, Gershwin, Carmen McRae, Chet Baker dan banyak lagi yang lain.

Wordpres 3.3 memiliki beberapa fitur menarik antara lain toolbar yang baru, drag-dan-drop upload, hover menu untuk navigasi, penyempurnaan tampilan dashboard jika anda menggunakan Ipad. Sejak versi 3.0, sudah 65 juta download yang tercatat.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker