News

Indro Hardjodikoro & the Fingers kunjungi Rusia, manggung di tiga kota

Sebuah berita membanggakan dunia Jazz Indonesia datang dari  Indro Hardjodikoro & the Fingers-nya yang kembali diundang ke Rusia, setelah sempat menghadiri Petro Jazz Festival dan MuzEnergo Festival bulan Juli 2011 lalu.

Kali ini grup yang merilis album dengan “Traveling” akan tampil di St.Petersburg (13 Januari), Protvino (14 Januari) dan Moskow (15 Januari), demikian yang disampaikan management The Fingers kepada WartaJazz.

Cerita perjalanan Indro Hardjodikoro & the Fingers diawali dari beberapa nama grup band yang diajukan oleh KBRI di Moscow kepada penyelenggara. Karena sejumlah musisi berhalangan untuk memenuhi undangan, pihak penyelenggara di Rusia memilih Indro Hardjodikoro & the Fingers, setelah mereka melihat video grup ini.

Berbeda dibanding kedatangan pertama di bulan Juli yang sedang musim panas, di bulan Januari suhu di kota-kota tempat pertunjukan Indro Hardjodikoro & the Fingers kali ini bermain bersuhu sekitar minus 20 derajat celcius. Oleh sebab itu ketiga pertunjukan dilakukan secara indoor.

***

Pertunjukan pertama akan di lakukan di acara yang bernama DjarumBlack Petro Jazz Winter di kota St.Petersburg, yang berjarak lebih dari 630 kilometer dari Moskow Pertunjukannya akan diselenggarakan pada tanggal 13 Januari dan ada beberapa band Rusia yang akan bergantian main dengan Indro Hardjodikoro & the Fingers. Itu pula yang menyebabkan pihak Djarum Black mendukung perjalan Indro Hardjodikoro kali ini.

Selesai pertunjukan, grup ini akan kembali ke Moskow dengan kereta, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke kota Protvino (100 kilometer dari Moskow), dimana mereka tampil pada keesokan harinya (14 Januari).

Maraton roadshow tiga kota ini berakhir di Music Town Club di Moskow untuk sebuah acara yang dinamakan Fusion Day.

***

Komposisi team yang berangkat dari Indro Hardjodikoro & the Fingers ke Rusia kali ini terdiri dari  Indro Hardjodikoro (bass), Fajar Adi Nugroho (bass), Andi Gomez Setiawan (keyboard). Drummer muda Demas Narawangsa akan menggantikan posisi Yessaya “Echa” Soemantri yang tak bisa ikut berangkat karena satu dan lain hal.

Indro juga mengajak Ade Tumbrink sebagai pemukul kendang Sunda sebagai tambahan bumbu tradisional Nusantara di penampilannya kali ini. Grup ini berencana memainkan lagu berbahasa Sunda “Panon Hideng” yang konon lagunya berasal dari Rusia.

Untuk menambah gemuruh permainan Indro Hardjodikoro & the Fingers, Dira Sugandi turut disertakan untuk menyanyikan beberapa lagu.

Penampilan Indro dan kawan-kawan di Rusia bisa jadi ‘pemanas’ sebelum berlanjut pada perjalanan keliling beberapa kota di Eropa Timur yang menanti di bulan lain di tahun 2012 ini

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker