News

Java Jazz Festival 2012 – Ketika Jazz menemukan rumahnya

Jazz, musik yang lahir untuk penggabungan dari berbagai jenis musik dari Afrika, Eropa, dengan semburat Latin, telah menjadi salah satu genre yang paling fleksibel untuk melebur dengan genre lain, baik itu modern atau tradisional. Dalam perjalanannya, jazz telah mengunjungi dan bahkan mengungsi di berbagai lokasi seluruh dunia.

Pada tahun 2005, Jakarta International Java Jazz Festival digelar untuk pertama kalinya, seolah menjawab kehausan akan acara berskala festival dengan susunan bintang yang tak hanya dalam negeri tapi menyajikan pula sejumlah musisi terbaik dunia.

Sebagai festival jazz dengan jumlah penonton yang membanggakan dibelahan selatan bumi, Java Jazz Festival mendapatkan pengakuan dari banyak pecinta musik (Jazz) setidaknya di level Asia sebagai salah satu acara yang menjadi agenda wajib mereka, seolah Jazz menemukan rumahnya (yang baru).

Yang lebih membanggakan tentu saja karena festival ini diciptakan oleh orang Indonesia dan dikerjakan anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan inovatif. Dalam beberapa hal, sejumlah musisi bahkan menganggap Jakarta sebagai salah satu kota paling penting bagi jazz – saat ini.

Dalam edisi-kedelapannya tahun ini mulai Hari Jumat tanggal 2 hingga Minggu 4 Maret 2012,  Jakarta International Mild Djarum Super Java JazzFestival 2012 menghadirkan sejumlah bintang jazz yang penting. Tokoh jazz terkenal seperti Herbie Hancock, PatMetheny dan Bobby McFerrin, adalah beberapa nama yang paling ditunggu dan telah dipastikan akan tampil.
Selain tiga tersebut, nama artis seperti Al Jarreau, David Sanborn dan Phil Perry masuk dalam jajaran musisi yang  telah berhasil dikonfirmasi panitia untuk tampil dalam akhir pekan minggu pertama Maret 2012.
Catatan Redaksi WartaJazz, tahun lalu Java Jazz Festival dihadiri sekurang-kurangnya 116.000 orang sehingga jika panitia memperkirakan setidaknya 100.000 orang akan kembali datang tahun ini bukanlah hal yang berlebihan.
Apalagi dengan tambahan Stevie Wonder yang juga dipersiapkan tampil dalam program Special Shows yang diperkirakan akan menyedot perhatian penonton dari berbagai negara tetangga disekitar Indonesia. Tidak ada keraguan bahwa musik yang disajikan oleh Stevie Wonder akan magis.
Sejumlah nama lain akan mewarnai acara yang berlangsung tiga malam di Jakarta International Expo Kemayoran – tempat yang kerap dijadikan Pekan Raya Jakarta, sehingga kerap nama tempat ini disingkat menjadi PRJ – juga akan menghiasi dengan kehadiran Bobby Caldwell, Laura Fygi dan Swing Out ​​Sister. 
Tak kalah penting hadirnya Frank McComb dengannya funk-nya, mainstream jazz bersama Alfredo Rodriguez Trio, Ron Carter dengan Jazz Quartet Juilliard, Manhattan Transfer plus Poncho Sanchez Band Latin Jazz.

Satu nama lain yang juga dipersiapkan sebagai Special Shows yaitu penyanyi Erykah Badu, yang telah lama ditunggu para penggemarnya di Indonesia, juga akan tampil di Jakarta International Jazz Djarum super ringan Java Festival 2012 sebagai bagian dari turnya.

Jika anda berniat untuk menonton acara ini selama tiga hari penuh, dan masih bingung menentukan tempat menginap yang dekat dengan lokasi acara, WartaJazz Travel Experience menyediakan program akomodasi Java Jazz Festival 2012 dengan menjalin kerjasama dengan sejumlah hotel antara lain Sheraton Media Hotel & Towers dan LeGrandeur Hotel Mangga Dua.
Jika anda membutuhkan tiket pertunjukan, silakan hubungi sales@wartajazz.net dengan subject “Pemesanan Tiket Java Jazz Festival 2012”, sertakan nama dan nomor handphone serta jenis tiket yang anda perlukan.
Marilah menjadi saksi Jazz menemukan tempatnya yang baru.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker