News

DUWENDE Sensasi Harmonisasi Tiada Henti

Tidak gampang menyatukan bebarpa vokalis dalam sebuah kelompok, tapi jika bisa mememukan dan menyatukan harmoninya akan menjadi sesuatu yang luar biasa, banyak kelompok vocal accapella yang bermunculan dan salah satunya yang bisa menemukan dan menyatukan harmoninya adalah kelompok accapella Duwende (Doo-WEN-day), tidak hanya itu, mereka juga untuk ukuran sebuah grup pop mempunyai kualitas yang bagus. Grup yang berbasis diNew Yorkini beranggotakan enam vokalis yang bertalenta tinggi, yaitu J. Aaron Boykin (baritone/tenor), Derrick L. Hicks (tenor), Abbey Janes (soprano), Neal Mortimer (tenor), Edward Chung (vocal, percussion, beatboxing) dan Ari Picker (bass).

Perpaduan vokal kelompok Duwende ini penuh dengan harmonisasi dan setiap personilnya memberikan kontribusi dengan keunikan dan ke-khasan gaya vokal mereka masing-masing, dengan mengambil warna-warna funk, R&B, hip-hop, folk, rock dan world beat, musik mereka menjadi ramuan yang unik dan segar, meskipun mudah didengarkan dan dinikmati tapi tidak meninggalkan pengolahan harmonisasi vokal mereka dan setiap lagu yang dibawakan mereka mempunyai kenunikan masing-masing. Grup ini juga telah tampil di berbagai festival utama untuk accapella di Amerika seperti  East Coast Summit, SoJam and AcappellaStock, juga tmapil di sebuah acara talk show terkenal The Ellen DeGeneres Show dan mereka juga tampil di televisei Park City Television selama Festival Film Sundance 2011.

Pada acara Independent Music World Series tahun 2002, editor Billboard Magazine memilih Duwende sebagai salah satu “Top 6 Indie Acts in the Northeast,” dan album mereka Radio Screaming (2004) memenangkan penghargaan “Best Pop/Rock Album” dari  The annual Contemporary A Cappella Recording Awards (CARA), single mereka “I Fall” memenangkan kategori “Best Song”. Prestasi mereka tidak berhenti disitu, lewat album Duwende yang dirilis di tahun 2007, “Collective” untuk kedua kalinya mereka memenangkan kategori “Best Pop/Rock Album” dari CARA dan juga “Best Song” untuk single mereka “Young Leaders of Tomorrow.”. Bulan Mei 2011 kemarin mereka merilis alnum mereka yang bertitel “Remember: The Music Of Michael Jackson” , dimaan ini merupakan album “cover version” mereka yang peratma yang didekiaksikan untuk sang King Of Pop Michael Jackson dan berisi lagu-lagu populernya seperti “Billie Jean,” “Black or White”, “Thriller”  dan “Rock With You.”, akankah mereka mendapatkan penghargaan ketiga kalinya untuk album ini, kita tunggu saja, yang jelas kalau ingin mendengarkan grup accapella dengan nuansa musik kekinian dan berkualitas, pasti tidak akan melewatkan pementasan Duwende. (aji/wartajazz)

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker