News

Glen Dauna: Bikin Album Walau Menunggu Satu Dekade

Lebih dari lima tahun tinggal di selatan Frankfurt untuk belajar di Staedtische Akademie für Tonkunst Darmstadt, Glen Dauna sempat pula belajar musik jazz pada Jack Lesmana (alm.) dan Indra Lesmana. Pianis kelahiran Jakarta, 24 Maret 1971, ini sering terlihat di mana-mana sebagai pemain sesi. Setidaknya kalau menyimak TVRI yang tergolong rajin menayangkan jazz, pasti kenali wajahnya. Saksofonis GRP yang identik dengan The Rippingtons, Jeff Kashiwa, pun berkomentar pada tim Glen, “… incredible display of Indonesian talents,” ketika tampil di Jamz (2004) untuk pentas album solonya setelah hengkang dari grup lamanya itu. Biduanita jazz dan kabaret, Salena Jones, pun melibatkannya saat tampil untuk publik JakJazz 2006.

Kesibukan sesi tak menenggelamkan semangat membuat karya orisinal. Album “Flying Kites” yang bernuansa kontemporer memuat aransemen apik Glen di atas komposisi cemerlang. Sebut saja sebagian, baris-baris lirikal “Midnight” atau keriangan undak-undakan reffShe” di atas derap halus drum. Ia menunggu satu dekade hingga bertemu kawan lamanya, Handy Glivirgo, yang mau membantu mewujudkan rekaman dari lagu-lagu yang dibuat antara 5 – 10 tahun sebelum akhirnya “Kembali”, selesai Juni 2008 sebagai karya terkini yang masuk.

Kurasi Serambi Jazz 2011 lalu mendaftarnya sebagai salah satu yang tampil. Matang berkat rajin pentas, formasi segar dengan nama Glen Dauna Project saat itu jauh mengungguli albumnya dengan dukungan anak-anak sendiri, Indra Artie Dauna (terompet dan flugelhorn) dan Rega Dauna (harmonika). Permainan tekstural Indra dan warna tonal dan bending ala Toots Thielmans dari Rega menjadikan ensambel Glen, yang kini memotong pendek rambutnya, jadi lebih bergigi. Poin plus lainnya yang menyenangkan adalah bahwa bangun grup akustik tetap dipertahankan walaupun repertoarnya adalah fusi kontemporer.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker