News

Monita Tahalea Quartet: Inspirasi musik jazz yang hangat dan berwarna

Aku ingin jadi penyanyi dengan lirik dan nada lagu yang indah, menyampaikan setiap perasaan pada nyanyian ku. Menginspirasikan hal yang baik.”

Inspirasi Monita Angelica Maharani Tahalea untuk menjadi penyanyi menjadi gerbang pada sebuah kebaikan. Ini diawali pada ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim kedua tahun 2005, dimana wanita kelahiran Jakarta, 21 Juli 1987 ini meraih peringkat keempat. Prestasi ini membuat langkah Monita untuk menjadi lebih profesional terpampang lebar.

Warna jazz pada vokal Monita yang khas kemudian direkam di album Indonesian Idol Seri Cinta (2005) dengan lagu Keliru, yang pernah dipopulerkan oleh Ruth Sahanaya, serta di album Kemenangan Hati (2006) milik Yovie Widianto dengan lagu ”Kekasih Sejati” dan ”Selingkuh”.

Potensi Monita pun menarik perhatian Indra Lesmana untuk menggarap sebuah album solo. Maka jadilah Dream, hope & Faith, rekaman delapan lagu  yang langsung diproduseri oleh Indra Lesmana dan Hanny Lesmana di bawah label Inline Music (2010). Enam lagu di album itu adalah karya kolaborasi mereka, termasuk ”Di Batas Mimpi” yang juga ada di album Indra Lesmana sebelumnya, Kembali Satu (2008). Sedang dua lainnya adalah lagu aransemen ulang, ”Over The Rainbow”  yang dipopulerkan Judy Garland dan “God Bless The Child”  Billie Holiday.

Lagu-lagu dari album inilah yang dipentaskan di Java Jazz Festival 2012. Monita tampil dalam format kuartet dibantu oleh Andy Gomez Setiawan pada grand piano, Jantan Gerhana Surya (drums) dan Kevin Joshua (kontrabass, menggantikan Chaka Priambudi). Mereka membuat aransemen akustik pada lagu-lagu Monita di wilayah pop dan tidak ingin membuat Monita bernyanyi seperti wanita berumur yang menyanyikan lagu jazz ‘kelas berat’. Monita Tahalea Quartet hadir dengan tampilan musik jazz yang hangat dan berwarna, seperti yang ia tulis di linier note albumnya;

”when you want to touch the sky
just close your eyes and dream…
lift the song of your heart
on the wings of hope
and faith will guide you
to see a smilling rainbow…”

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker