Java Jazz FestivalNews

Yang Muda Yang Meriahkan Hall BNI: Depapepe

Kur sing-along tanpa lirik bergema sepenuh hati dalam senandung riang anak-anak muda yang memadati Hall BNI (ruang A2 JIExpo Kemayoran 02/03/'12). Perayaan optimisme "Start" ("Let's Go!!!", 2005) tersebut memang punya kedekatan tersendiri dengan kaum remaja. Entah itu anime atau terebi dorama, bukan kultur pop Jepang namanya kalau tidak bersentuhan dengan urusan membesar-besarkan emosi (untuk tidak bilang lebay). Bukan hal baru pula bahwa emosi adalah formula yang telah lama diaduk-aduk melodrama sejak abad 19 dengan bobot lebih pada musik.

Depapepe pun bukan nama asing di Indonesia, pentas duo gitar tersebut adalah kilas balik kunjungan terakhir mereka pada Java Soulnation 2011. Miura Takuya dan Tokuoka Yoshinari yang sama-sama menyandang gitar akustik steel string juga bukanlah satu-satunya pasangan gitar yang pernah tampil di panggung yang di-endorse BNI ini. Tahun 2011 lalu Acoustic Alchemy menghangatkan arena yang disulap menjadi lounge eksekutif di tengah-tengahnya dengan nomer-nomer jazzy gitar nilon-dan-steel kelompok asal Inggris tersebut. Spirit "Over The Sea", nuansa kanonik "Spur" atau "Hoshi No Kazu Dake Negai Todoku" adalah nomer-nomer dominan dengan karakter yang beririsan dengan J-Pop. Namun, ada warna lain semacam "Aishu No Violet" yang kental permainan musik Latin atau "MTMM" yang super funky dengan suntikan blues yang ngerock.

Depapepe di Java Jazz Festival 2012

Relatif sering ditemui penonton yang memperbincangkan Depapepe, mencari tahu jadwalnya, maupun lokasi panggungnya. Jepang punya magnet tersendiri, kelompok ini adalah salah satu wujudnya. Kombinasi yang mantap untuk jazz berskala festival yang bertanggung-jawab pula menarik hasrat anak-anak muda sembari membuka peluang baru dengan salah satu pintunya menuju jazz.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker