Review

Marc Berthoumieux – In Other Words

Album: In Other Words
Label: Sous La Ville Records, 2011

01. Have You Heard
02. A Thousand Years
03. Looking Up
04. Human Nature
05. La Scoumoune
06. Les Choses De La Vie
07. Love's in Need of Love
08. Your Song
09. Time After Time
10. A La Claire Fontaine
11. Bang! Zoom
12. I'm Not in Love

Marc Berthoumieux  - In Other Words
Marc Berthoumieux - In Other Words

Dengan rilis album solo ketiga berjudul In Other Words, akordeonis Marc Berthoumieux semakin percaya diri untuk menunjukkan permainannya yang spesifik. Walaupun baru meluncurkan tiga album atas namanya sendiri, debut Les Couleurs d'ici (1998) dan Jazz I No Jazz Volume 1&2 (2004), pengalaman bermain Marc cukup luas.

Salah satunya ketika ia dipercaya Dee Dee Bridgewater selama periode 2005-2009 untuk tur keliling dunia, di lebih dari 200 pertunjukan! Ditambah kolaborasi dengan para musisi lintas genre, mulai dari Charles Aznavour, Richard Bona, Grand Funk Railroad, hingga band rock alternatif asal Inggris, Keane. Tentunya membuat preferensi musik Marc semakin bervariasi.

Begitu pula untuk karya terbaru ini, lewat bunyi akordeon miliknya, Marc hadirkan selusin trek yang sebagian besar adalah aransemen segar lagu-lagu populer. Garapannya ramah di telinga namun tetap memberi sesuatu yang inspirasional. Didukung oleh tiga rekan musisi, pianis Giovanni Mirabassi, pemain kontrabas Henry Texier dan André Ceccarelli selaku  penabuh drum serta perkusi, interaksi di dalamnya erat pun berimbang satu sama lain.

Pembukanya adalah “Have You Heard” yang melaju dalam sukat ireguler dan berirama soul-jazz, kemudian beralih sejuknya “A Thousand Years.” Lagu hit Michael Jackson “Human Nature” turut disertakan, menarik untuk simak melodi aslinya dalam permainan akordeon. Dialek Perancis kentara sekali waktu memutar “Les Choses De La Vie,” teraksen tepuk perkusi André.

Tendensi ritme Brasilia dan swing tampak di nomor milik Stevie Wonder “Love's in Need of Love,” langsung terbayang aksi harmonika Stevie yang menjadi ciri khasnya, dan Giovanni tampil mengesankan lewat denting improvisasi piano. Menuju “Bang! Zoom” yang tak lain adalah kepunyaan Bobby McFerrin, beat energik memberi sugesti untuk goyangkan badan.

Selain cover lagu “Time After Time” oleh Cyndi Lauper (sempat pula dimainkan Miles Davis), dengarkan juga perlakuan atas tembang manis “Your Song” dari Elton John, boleh dicoba untuk sing-along liriknya yang berbunyi “I hope you don't mind / I hope you don't mind / That I've put down in words / How wonderful life is while you're in the world.”

Musisi

Marc Berthoumieux: akordeon
Giovanni Mirabassi: piano
Henry Texier: kontrabas
André Ceccarelli: drum, perkusi

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker