News

Misi WartaJazz membawa Jazz Indonesia di JazzAhead! 2012

Crew WartaJazz & Christopher (Pata Java) dalam kegiatan Jazzahead! 2012
Crew WartaJazz & Christopher (Pata Java) dalam kegiatan Jazzahead! 2012

Keikutsertaan WartaJazz di ajang konferensi dan networking Jazz terbesar dunia, JazzAhead! 2012 yang digelar di kota Bremen, Jerman tahun 2012 ini merupakan kali kedua, setelah kesempatan yang sama tahun lalu bersama kelompok simakDialog yang terpilih dalam program Overseas Night.

Kehadiran WartaJazz memang dimaksudkan sebagai bagian dari misi mempromosikan musik Jazz Indonesia kepada peserta konferensi dan trade-shows yang menjadi agenda Jazzahead! 2012 yang bertempat di Congress Centrum Bremen (CCB).

WartaJazz teah memproduksi dua materi dalam bentuk cakram padat (CD) dengan nama Kompilasi CD Jazz Indonesia volume 1 dan 2. Inisiatif digulirkan karena keinginan besar agar potensi Jazz di Indonesia bisa dimanfaatkan secara lebih optimal.

WartaJazz menempati booth berukuran 2×3 meter yg terletak tak jauh dari pintu masuk, sehingga selalu menjadi entry poin untuk para proffesional maupun pengunjung Jazzahead.

Tahun ini sebanyak 700 CD yang terdiri dari 600 Kompilasi volume 2 dan 100 CD kompilasi volume 1, berhasil dibagikan kepada para pengunjung yang tertarik. Keterbatasan jumlah bagasi yang dibawa dari Indonesia, mengakibatkan kami tidak bisa membawa keseluruhan CD.

Adapun materi Kompilasi Jazz Indonesia – di kedua cakram – berisikan sample lagu/musik dari musisi Jazz Indonesia seperti Dwiki Dharmawan, Krakatau, Dewa Budjana, Tohpati, Balawan, Sruti Respati, Dira Sugandi dll.

WartaJazz juga menyajikan informasi seputar kegiatan Jazz Festival yang berlangsung di tanah air. Salah satu festival yang turut ambil bagian adalah Jazz Gunung yang tahun ini diselenggarakan di Bromo tanggal 6-7 Juli 2012. Sebidang area display menampilkan informasi artis yang akan hadir dalam acara tahun ini. Beberapa pengunjung dengan antusias ingin mengetahui bagaimana cara berkunjung maupun bisa turut berpartisipasi.

Insya Allah WartaJazz akan kembali berpartisipasi di Jazzahead! 2013 mendatang!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker