News

Medan Jazznation 2012; Menggeliatkan Musik Jazz Sekaligus Agenda Pariwisata

Medan Jazz Nation 2012
Medan Jazz Nation 2012

Perkembangan musik jazz di Sumatera Utara dan Medan khuusnya, kian hari terus menunjukkan tren positif. Berbagai agenda musk berirama jaza-baik berskala lokal maupun internasional saban tahun diselenggarakan.

Salah satunya yang rutin digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan bersama Radio Kiss FM Grup yaitu Medan Jazznation terus diupayaka menjadi agenda rutin menggeliatkan perkembangan musik jazz di Sumatera Utara serta Medan khususnya. “Sejak pertama kita membuat Medan Jazznation, sangat berpengaruh kepada semakin banyak peminat musik jazz di Medan,” ujar Panitia Medan Jazznation 2012, Dedy F. Moningka di Medan, Kamis (07/06) lalu bersama Busral Manan selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan.

Dikatakan Dedy F. Moningka yang juga GM Radio Kiss FM Grup ini, awalnya musik jazz masih belum begitu familiar. Namun dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, kecenderungan semakin berkembangnya musik jazz sudah telihat. Tidak melulu mainstream Jazz, namun berkembang denganbersama aliran musik lainnya, termasuk musik daerah.

“Kami akan menampilkan kolaborasi musik jazz dengan musik-musik tradisional Sumatera Utara,” tambah Dedy lagi. Salah satu band yang nantinya akan unjuk kebolehan mengkolaborasi musik jazz dengan musik tradional diantaranya, Medan Jazz Community. Medan Jazz Community sendiri sudah terbukti kemampuannya dengan sudah tampil di sejumlah event musk berskala internasional, seperti Java Jazz Festival di Jakarta.

Medan Jazznation nantinya juga akan menghadirkan sejumlah artis nasional dan internasional yang akan semakin menghidupkan event tahunan ini. Bahkan band terkenal dari Jakarta  yang belum pernah tampil di Medan akan menghibur penggila jazz di Medan.  “ Saya yakin pecinta musik jazz akan sangat menunggu kehadiran Gugun Blues Shelter yang digawangi Gugun, Jonathan dan Bowie,” tambah Dedy lagi .

Tidak hanya Gugun Blues Shelter, nantinya akan juga tampil Tompi dan Nita Aartsen yang nantinya akan berkolaborasi dengan band pemenang audisi Medan Jazznation dan Yeppy Romero Pangaribuan yang diperkuat bassist Harry Toledo dan Jeanne Thialsa. Event ini dikatakannya bukan hanya momen unjuk kemampuan para artis maupun band top ini, tapi juga akan menampilkan grup-grup musik jazz di kota Medan, seperti  Sunset Blues Bite, Hazelnuts, The tradisi, Breaktrough dan BDG.

Even ini ternyata sangat paralel dengan program Pemko Medan yang kini tengah mencanangkan program tahun kunjungan wisata Medan 2012 (Visit Medan Year 2012). Untuk hal ini Dedy mengatakan pihaknya sengaja menggandeng Dinas Pariwisata Kota Medan agar bisa mensukseskan program Pemko Medan ini.

Dedy mengharapkan even ini nantinya bisa menjadi agenda para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang datang ke Medan untuk bisa menikmati musik jazz dengan warna berbeda dari biasanya. “Musik Jazz ringan dan nuansa kedaeah akan menyatu menjadi sebuah suguhan musik jazz menarik nantinya,’’ jelasnya.

Even jazz terbesar di Medan yang nantinya akan dibuka Walikota Medan, Rahudman Harahap ini akan digelar di pelataran parkir Hotel Danau Toba Internasional, jalan Imam Bonjol No.17 Medan pada 22-23 Juni 2012 mulai jam 16.00 wib.

Medan Jazznation 2012 didukung juga oleh Radio KISS FM Group Medan, Danau Toba International Hotel Medan, San Miguel Beer,  WartaJazz.com, kover Magazine, dan Majalah Aplaus.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker