News

Rayakan anniversary Chick Corea di Jazz Area Bandung

Setelah sebelum-sebelumnya sempat menampilkan karya-karya khusus Ella Fitzgerald (16/4), Billie Holiday (23/4), dan Duke Ellington (15-16/5), untuk minggu kedua bulan Juni ini, sebagai upaya turut merayakan ulang tahun Chick Corea (71), Klab Jazz di Starbucks’ Jazz Area akan mempersembahkan masing-masing satu sesi bagi karya-karya Chick Corea; 500 Miles High, Armandho’s Rhumba, Blue Miles, Bud Powell, Crystal Silence, Friends, Got A Match, La Fiesta, Sometimes Ago, Sicily, Spain, dan What Game Shall We Play Today.

Acara digelar dua hari di tempat berbeda yaitu Bandung Indah Plaza pada  hari Selasa 12 Juni dan Bandung Super Mal pada hari Rabu13 Juni 2012.

Chick Corea adalah musisi Jazz yang masih aktif memproduksi karya musik. Februari lalu misalnya, ia merilis album bervisi global dalam format kuintet dan orkestra bertajuk The Continents. Atau proyek napak tilas mengenang Bill Evans “Further Explorations” bersama Eddie Gomez dan Paul Motian

***

Chick Corea adalah seniman serba bisa. Ia berada di jajaran nama penting dalam sejarah Jazz dunia. Pria bernama  asli Armando Anthony “Chick” Corea lahir di Chelsea, Massachusetts, 12 Juni 1941

Muncul di era 60-an, Corea dianggap pembawa warna baru pada dunia piano jazz modern di Amerika. Cengkok dengan unsur nada-nada Spanyol menjadi ciri khasnya. Komposisi ciptaannya yang berjudul “Spain” merupakan salah satu sumbangsihnya pada khasanah lagu standard Jazz.

WartaJazz sendiri telah menurunkan banyak artikel seputar Chick Corea. Antara lain review Chick Corea & Stefano Bollani – Orvieto, Konsernya di Mosaic Music Festival Esplanade Singapura, Duet maut Gary Burton & Chick Corea – Crystal Silence dan banyak lagi lainnya.

***

KlabJazz adalah adalah sebuah perkumpulan/klab nirlaba (non profit) yang berkecimpung dalam usaha memasyarakatkan musik jazz melalui beragam kegiatan, mulai dari pertemuan Mingguan untuk apresiasi musik jazz,  pemutaran video-video jazz, diskusi musik jazz maupun penyelenggaraan beberapa pertunjukan musik jazz.

Beberapa kegiatan KlabJazz antara lain Jazzsphere@ArtspaceBandung Jazz StatementJazz Break Revival, Sunday Jazz @ Plate For Me, Klab Jams dan banyak lagi lainnya.

KlabJazz merupakan salah satu kegiatan komunitas Jazz yang aktif di Indonesia khususnya kota Bandung dan sekitarnya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker