FestivalJazz di Batam & BintanNews

Yang Mencuri Perhatian Batam (5th Asean Jazz Festival 2012 – Bagian 2)

5th-asean-jazz-fez-2012-the-brag-pack-hanuraga-mester.jpg
Sri Hanuraga dan Dániel Mester tampil dalam The Brag Pack (hari pertama dan ke dua AJF)

Kuartet Eropa The Brag Pack mencuri perhatian penonton 5th Asean Jazz Festival 2012 (AJF) berkat adaptasi ragam musik Indonesia yang ada di album mapan “Just Braggin’” seperti “Illir-Illir“, “Cublak Suweng“, dan “Bangun Pemudi Pemuda”. Dániel Mester (tenor sax) mengembangkan frase-frase pendek jadi repetisi yang menggelitik logika musikal kita. Sri Hanuraga pun unggul, dalam kelebat hipersonik, ada kalkulasi dan rencana sebelum eksekusi.

Pada panggung yang sama di hari ke dua, Nikita Dompas menaikkan tensi dengan andalan ziarah jam band, hit R&B klasik 1969 “Cissy Strut” disambung dua nomer up-tempo John Scofield “Ideofunk” dan “Freakin’ Disco“. Riza3Scapes (Trioscapes) pun mengayun dari pilihan nyaman “The Three” ke saturasi “Minor Importance“, pilihan berharga apalagi bagi yang setia tunggu Riza Arshad, Yance Manusama, dan Aksan Sjuman.

Bicara pusat perhatian, panggung utama yang paling bersuasana festival malahan disinggahi kelompok akustik Indrawan Tjhin yang bergerak dengan aransemen ulang standar “Straight No Chaser” dan nomer-nomer orisinal yang dominan seperti “To Chris, For Comfort” dan “Amalia van Solmsstraat“. Foto pianis jelita kuartet inipun, Gabriella Sava Puteri Miranda (Ella), muncul di halaman depan koran lokal esok harinya. Natasha Patamapongs (Thailand) sempat tampil dua lagu bersama kuartet ini.

Di tengah lebar spektrum festival, lokalitas musik adalah kekayaan yang patut dicari agar kita tak melulu dapati “suara Jakarta” di saat hajatannya adalah juga milik daerah yang punya khazanah distingtif. M. Halim “Mak Lenggang” yang tampil dalam formasi Bigu Suara bersama Steev Kinwald adalah peluang awam mengintip Sumatera, lewat tradisi Minang dalam bebunyian serunai, saluang, dan talempong. Lewati peluang itu, kesulitan berikutnya yang muncul adalah bagaimana membedakan alat-alat serupa dengan yang indegenos milik Minang. Soal getar pegas jaw harp logam misalnya, Kinwald saat dikonfirmasi bahwa perkusionis Ozenk memainkan yang berbahan bambu di festival Bambu Nusantara berujar, “Karinding dari Bandung membuat juga. Penelitian saya menemukan yang dibuat dari pohon aren selain buatan berbahan logam yang juga ada di Indonesia.” Jauh di luar tanah air, aktris cantik Gina Gershon pun memainkan alat ini, menjepit Jew’s harp (variasi penyebutan lainnya secara etnis) dengan bibirnya pada proyek Possibilities Herbie Hancock.

5th-asean-jazz-fez-2012-steev-kinwald-halim-bigu-suara.jpg
Musik Minang M. Halim dan Bigu Suara yang menampilkan Steev Kinwald

Saat ditanya soal teknik tiupan sirkular yang dipraktekkannya pada permainan double flute pasangan suling algoza dari Rajastan/Punjab ia pun kembali menjawab bahwa itu ada dalam permainan tradisi kita. Mirip konsep bunyi bagpipe Skotlandia, suling yang lebih panjang ditiup tak berputus sebagai drone dengan suling yang lebih pendek jadi melodi di atasnya dalam monofoni sakral. Masih dalam payung world music, Dwiki Dharmawan pun mencoba tonjolkan angklung Saung Mang Udjo dalam unison cepat “The Spirit of Peace” yang lebih condong ke sisi jazz.

Jeremy Tordjman yang dipasangkan dengan Barry Likumahuwa pada AJF tahun sebelumnya pun kembali hadir bersama drummer Erik Hargrove. Lebih solid lagi setelah mereka malah lanjut main bareng lagi di Singapore dan pada gelaran KL International Jazz Festival 2012 lalu. Paket festival yang harusnya meriah pun lengkap dengan naiknya profil biduanita Sierra Soetedjo bergantian dengan Trie Utami di hari pertama, serta pamungkas klimaks Andien pada hari ke dua. Dengan nama AJF sebesar ini sekarang, kita bisa harapkan tabuhan kompang khas Kepulauan Riau berbunyi lagi tahun depan untuk buka AJF ke-6. Semoga.

5th-asean-jazz-fez-2012-andien-sierra-soetedjo.jpg
Asean Jazz Festival 2012 mengundang Andien dan Sierra Soetedjo

(Ikuti juga: Batam Gaul Dengan Ngejazz (5th Asean Jazz Festival 2012 – Bagian 1))

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker