News

2nd Ramadhan Jazz Festival kembali digelar

Tak terasa sudah setahun berlalu dan kita memasuki bulan penuh berkah dan ampunan yang merupakan bulan istimewa khususnya umat muslim Indonesia.

Beruntung bagi penikmat Jazz di Indonesia khususnya yang berdomisili di Jakarta. Alhamdulillah, setelah sukses dengan penyelenggaraan kegiatan Ramadhan Jazz Festival yang perdana tahun 2011 lalu, maka WartaJazz bekerjasama dengan Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) untuk kali kedua tahun ini, kembali menjadwalkan kegiatan Ramadhan Jazz Festival pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 27-28 Juli 2012 mendatang.

Kegiatan yang digelar ba’da Shalat Isya dan Taraweh ini kembali mengambil setting Plaza Masjid Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat, sekitar pukul 20.30 WIB dan terbuka untuk umum serta tidak dipungut biaya.

Sampai berita ini diturunkan sejumlah musisi yang menyatakan kesediaannya untuk tampil menyemarakkan Syiar Islam di bulan suci Ramadhan ini antara lain Dwiki Dharmawan, Idang Rasjidi, Endah N Rhesa, Ari Pramundito, The Extra Large, HajarBleh Big Band, Beben Jazz & Friends, Jilly Likumahuwa and her Banda Bra-Ma, Indonesian Youth Regeneration, Harry Toledo, Indonesian Bass Family, Caniday, Urban Phat, Payung Teduh, Barry Likumahuwa Project, +Beat dan lain-lain.

Setiap band yang tampil dijadwalkan akan membawakan sebuah lagu bertema religi yang dibalut musik bernuansa Jazz sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang menonton atau hadir dalam kegiatan Ramadhan Jazz Festival.

“Suasana Ramadhan memberi inspirasi untuk mengekspresikan keragaman seni dan budaya, termasuk ‘spiritual jazz’, demikian yang disampaikan oleh pianis Dwiki Dharmawan – salah satu musisi yang akan tampil di RJF 2012 – yang baru saja kembali dari lawatan ke Eropa.

Pada tahun lalu sekitar 2500 orang hadir menyaksikan kegiatan yang digelar selama dua hari. Tahun 2012 ini panitia mengharapkan kehadiran penonton yang lebih banyak.

“Ajang Ramadhan Jazz Festival adalah kesempatan bersilaturahim melalui musik, menjalin persatuan dalam kebhinekaan kita berbangsa dan bernegara”, ucap Jilly Likumahuwa yang akan tampil bersama kelompoknya pada hari Jumat, 27 Juli 2012.

***

Acara Ramadhan Jazz Festival merupakan gagasan dari WartaJazz yang direspon oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia. Ramadhan Jazz Festival direncanakan menjadi kegiatan tahunan disetiap bulan suci Ramadhan.

Kegiatan RJF 2012 merupakan kado ulang tahun untuk WartaJazz yang merayakan hari jadi ke 12 pada tahun ini.

Selain Ramadhan Jazz Festival,  WartaJazz sedang merencanakan beberapa acara berskala festival lainnya seperti Mahakam Jazz Fiesta di Samarinda pada bulan September mendatang dan Balikpapan pada Februari 2013.

***

Selain menggelar kegiatan berupa konser, 2nd Ramadhan Jazz Festival juga memiliki misi sosial. Selama kegiatan berlangsung, penonton yang hadir diharapkan membawa buku untuk disumbangkan kepada mereka yang memerlukannya.

Dalam rangka donasi buku ini, Panitia Ramadhan Jazz Festival menjalin kerjasama dengan Sabantara dari Universitas Indonesia. Rencananya buku-buku yang didonasikan oleh pengunjung, akan dikirimkan ke provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).Selain menggelar kegiatan berupa konser, uga memiliki misi sosial. Selama kegiatan berlangsung, penonton yang hadir diharapkan membawa buku bekas untuk disumbangkan kepada mereka yang memerlukannya.

So, anda tertarik menyumbang buku sekaligus menikmati alunan musik jazz bernuansa religi?. Silakan datang ke 2nd Ramadhan Jazz Festival 2012. Kami menanti kehadiran anda.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

One Comment

  1. Warta jazz keren,lebih lengkap berita-berita tentang event jazz,lengkap lagi koleksi cdnya,jazzwecare nya keren,top bgt warta jazz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker