Profile

Cal Tjader sang vibrafonis dengan ritme Afro-Cuba yang membara

Ibu Cal Tjader adalah seorang pianis konser, sedangkan ayahnya adalah seorang penampil vaudeville – sebuah hiburan teatrikal khas Perancis. Ia tumbuh bersama mereka di jalan, menari tap sepanjang masa kecilnya. Kemudian, keluarga tersebut menetap di San Mateo di Semenanjung San Francisco, dan ayahnya membuka sekolah menari. Setelah menyelesaikan sekolah menengah dan menjalani tugas di Angkatan Laut, Cal berakhir di San Francisco State College, di mana ia pertama kali bertemu dengan Dave Brubeck dan Paul Desmond.

Tjader lulus pada tahun 1950 dengan gelar S-1 di bidang pendidikan dan minor di bidang musik. Dengan Brubeck, Tjader mencapai kesuksesan besar dan ia menyukainya. Tahun antara 1949 dan 1951 dihabiskan dengan Brubeck. Kemudian, setelah singkat menjadi pemimpin grupnya sendiri, Cal bergabung dengan Quintet George Shearing sebagai pemain vibraphone dan perkusi unggulan. Ketika bersama Shearing, Cal sering melakukan perjalanan ke New York dan mulai mendengarkan band-band Latin New York seperti Tito Puente dan Machito.

Cal Tjader menghasilkan salah satu suara Latin jazz yang paling elegan dan khas. Vibraphone jazz yang lembut dan berkilauan, mengalun dengan lancar di atas ritme Afro-Cuba yang membara, menciptakan  sonik khas yang membantu memperkenalkan genre ini kepada penonton umum.

Ketika Tjader meninggalkan Shearing, ia kembali membentuk grupnya sendiri dan mulai merekam dengan produktif untuk Fantasy Records. Antara 1954 dan 1962, Tjader merekam serangkaian lebih dari 20 album untuk Fantasy. Daftar orang yang merekam bersamanya pada waktu itu benar-benar mengesankan. Beberapa di antaranya adalah Eddie Palmieri (yang sangat dipengaruhinya), Vince Guaraldi, Mongo Santamaria, Willie Bobo, Stan Getz, Al McKibbon, Armando Peraza, pemain perkusi Latin Johnnie Rae, dan saksofonis Paul Horn. Banyak dari album-album itu masih ada dalam katalog Fantasy. Kemudian, ia bergabung dengan Verve pada tahun 1963 dan terus merilis album dengan sukses.

Rekaman terlaris Cal Tjader adalah “Soul Sauce”. Cal mengingat, “Saya merekam lagu itu untuk MGM/Verve pada tahun 1964. Dan ini sangat aneh, pada suatu cara, karena saya pertama kali mulai memainkan lagu itu di klub-klub San Francisco sepuluh tahun sebelumnya, pada tahun 1954. Lalu sepuluh tahun kemudian, itu menjadi hit di New York. Kamu yang bisa bilang! Willie Bobo memainkan jawbone pada lagu itu, dan Al McKibbon memainkan congas. Awalnya, itu bernama ‘Guachi Guara’ tetapi kami tahu bahwa nama itu tidak akan berhasil, jadi kami hanya menyebutnya Soul Sauce.”

Tjader kembali menandatangani kontrak dengan Fantasy Records pada tahun 1970. Beberapa rekaman beragamnya untuk Fantasy termasuk kolaborasi dengan Charlie Byrd “Tambu” (1973) dan pertunjukan live yang seru “Puttin’ It Together” (1975). Albumnya yang sangat diakui “Amazonas” (1975) diproduksi oleh Airto, dengan aransemen dari ahli keyboard George Duke.

Ia menandatangani kontrak dengan Concord Picante pada tahun 1979, dan album pertamanya untuk mereka “La Onda Va Bien” memenangkan penghargaan Grammy pada tahun 1979. Concord merilis “The Best of the Concord Years, 1979-1982” pada tahun 2004, sebagai kompilasi rekaman terakhirnya. Ada beberapa ulasan tentang set ini di sini di ‘all about jazz.’

Cal Tjader juga bekerja dengan berbagai kelompok dan format, seperti dengan Carmen McRae, Mary Stallings, Modern Mambo Quintet, dan Quartet-nya, dengan mana ia memilih arah jazz yang lebih lurus ke depan. Produksinya yang direkam sangat besar, dan banyak yang mudah ditemukan karena popularitasnya tetap tidak berkurang.

Cal Tjader meninggal pada tanggal 5 Mei 1982.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker