News

Borobudur Jazz Festival digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Borobudur Jazz Festival 2012 yang mengambil tempat area Candi Borobudur pada 28 November 2012 dengan tajuk “The Harmony of Exotism”.

Menurut Kasubdit Promosi Pariwisata Wilayah Jawa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rita Sofia, dipilihnya Candi Borobudur sebagai lokasi perhelatan konser musik jazz karena Candi Borobudur adalah tempat yang merepresentasikan eksotisme keindahan dalam bentuk visual, adapun musik Jazz dinilai sebagai musik yang juga memiliki unsur eksotisme tersendiri. “Selain itu, diharapkan dengan digelarnya Borobudur Jazz Festival 2012 ini dapat memancing perhatian publik nasional dan internasional untuk berkunjung ke Borobudur,” tambahnya.

Rita berharap perhelatan Borobudur Jazz yang merupakan kali kedua ini dapat menambah khasanah annual event jazz yang telah terlebih dulu eksis seperti Java Jazz, Bromo Jazz, Ngayogjazz dan sebagainya. “Tahun ini kita persembahkan yang lebih baik dari tahun sebelumnya, mudah-mudahan tahun berikutnya kita sudah bisa memanggil musisi jazz internasional,” tukasnya.

Borobudur Jazz Festival 2012 akan menampilkan musisi jazz nasional dan regional diantaranya Syaharani, Endah & Rhesa, Matthew Sayersz, Ecky “EdanE” Lamoh, Everyday, Groovinstreet dan Jasmine. Digelar dari pukul 15.00 sampai dengan 21.00 WIB Borobudur Jazz tidak menerapkan tiket masuk alias gratis.

Borobudur Jazz juga diramaikan dengan kehadiran komunitas mobil klasik yakni Mercy Tiger Club Yogyakarta, Mercedes Boxer Club Indonesia Yogya Chapter dan Volkswagen Club Yogyakarta. Menurut Firman dari pelaksana kegiatan, dilibatkannya komunitas tersebut karena selain mobil klasik masih memiliki benang merah dengan tema acara yakni eksotisme, kehadiran komunitas tersebut juga akan menjadi daya tarik sendiri.

“Bayangkan saja situasinya, ada Candi Borobudur, alunan musik Jazz dan display mobil-mobil klasik, rencananya kita juga akan buat kompetisi foto dengan unsur ketiga hal eksotis tadi” ujar Firman.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?