News

Pianis jazz Danilo Pérez dianugerahi “Artist for Peace” oleh UNESCO

Pianis asal Panama Danilo Pérez mendapat gelar “Artist for Peace” oleh UNESCO pada 20 November lalu. Diberikan oleh Dirjen UNESCO Irina Bokova, penghargaan tersebut sebagai bentuk rekognisi atas peran Danilo dalam mengupayakan program musik kepada anak-anak yang hidup di bawah garis kemiskinan di Panama. Ia juga merupakan pendiri Danilo Pérez Foundation yang memiliki dedikasi sejalan dengan tujuan UNESCO.

Danilo lahir di Panama tahun 1965 dan memiliki gaya distingsif Pan-American jazz lewat musiknya. Selaku direktur Berklee Global Jazz Institute di Berklee College of Music, Boston, ia pula menjadi Artistic Director untuk Panama Jazz Festival.

Menyebut Dizzy Gillespie sebagai panutan, Danilo sempat tampil bersama sang idola dalam United Nations Orchestra sejak 1989 sampai wafatnya Dizzy tahun 1992. Ia pun tergabung pada Wayne Shorter Quartet tahun 2000 berkongsi  dengan Wayne, John Patitucci dan Brian Blade. Album Danilo bertajuk PanaMonk (Impulse!, 1996) mendapat banyak pujian atas pencapaian artistik dalam sinergi pianistik Thelonious Monk dengan acuan Pan-American jazz yang menjadi akar musiknya.

UNESCO Artist for Peace diberikan kepada seniman bertaraf internasional yang menggunakan pengaruh, karisma, dan reputasi mereka untuk mempromosikan juga menyadarkan publik atas pesan serta program yang dicanangkan organisasi tersebut.

 

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker