News

Jogja Blues Explosion 2, whyblues? Letupan Blues dari Yogyakarta, untuk Dunia

Jogja Blues Explosion 2 , Why Blues?

Why Blues?  Sebuah pertanyan yang menggelitik yang diambil sebagai tagline Jogja Blues Explosion 2 (JBE 2), jika diberi pertanyaan seperti itu mungkin jawaban setiap orang akan beragam, persepsi mereka akan blues tentunya juga berbeda-beda, tapi justru inilah yang menarik, sebuah pertanyaan jika hanya mempunyai satu jawaban tentu sudah tidak menarik lagi untuk diperbincangkan, diperdebatkan dan dieksplorasi dan tidak akan menjadikan sebuah wacana. Justru dengan tagline tersebut JBE 2 sudah melontarkan sebuah wacana yang bisa sangat berkembang.

Jogja Blues Forum (JBF) bekerja sama dengan Crab Adventure & Watulawang Resort, Makalula, Una Clothing, Geronimo FM dan Bali Hai mempersembahkan Jogja Blues Explosion 2, yaitu sebuah pagelaran musik blues berbentuk festival yang diagendakan menjadi yang pertama dan terbesar yang pernah diselenggaran di Daerah Istimewa Yogyakarta & Jawa Tengah. Sebagai tajuk, “why blues?” dipilih menjadi tema festival, dan melalui event ini secara tersirat, komunitas pecinta blues di Yogyakarta mencoba untuk membedah makna dibalik musik blues. Festivalnya sendiri digelar pada 1 & 2 Desember 2012 di Jogja National Museum (Jl. Amri Yahya, Wirobrajan – Yogyakarta).

Berbeda dengan waktu diselenggarakan pertama kali, Jogja Blues Explosion 2 kali ini dilaksanakan non-stop selama 2 hari (pukul 10.00-24.00), dan sepanjang waktu tersebut rangkaian acara ini tidak hanya berisi pagelaran musik blues saja, namun Jogja Blues Forum juga akan mengadakan Art Exhibition dan juga mengundang 8 komunitas musik blues yang tersebar di wilayah Jawa tengah.

Sebagai gambaran acara, Jogja Blues Explosion 2 akan disemarakkan oleh lebih dari 50 performers, di 2 panggung dalam satu lokasi dan akan diadakan Blues Comunity Award yaitu sebuah momen penghargaan terhadap beberapa tokoh komunitas blues yang terkemuka di lingkup DIY.

Panggung utama atau Main Stage akan menampilkan kurang lebih 7 line-up pengisi utama selain juga diramaikan oleh puluhan musisi blues Yogyakarta, masih ditambah dengan beberapa band yang mewakili komunitas blues regional dari 8 kota di Jawa Tengah (Semarang, Solo, Banyumas, Purwokerto, Tegal, Cilacap, Salatiga, dan Magelang).

Pengisi utama yang tampil di panggung utama Jogja Blues Explosion 2 ini, adalah para musisi blues yang telah dikenal luas secara nasional maupun telah mendunia, diantaranya Adrian Adioetomo, The Blues Guardians, Sue Bonnington, Jamphe Johnson dan Jasmine pada Sabtu, 1 Desember 2012. Sedangkan di hari Minggu, 2 Desember puncak seremonial rangkain Jogja Blues Explosion 2 akan diramaikan oleh Gugun Blues Shelter dan Ginda and The White Flowers.

Panggung kedua, atau Community Stage dipersembahkan oleh Jogja Blues Explosion 2 sebagai wujud komunikasi sambung rasa antar para pecinta blues, siapapun juga, apapun latar belakangnya, semuanya dapat berkumpul dan melakukan gathering, saling sapa, dan dibahasakan dalam satu tradisi Jam Session.

Untuk pemesanan tiket terbagi dari dua sesi yaitu pre sale yang akan dimulai pada tanggal 15 Desember 2012, pada saat pre-event di Geronimo Cafe (Sagan) dengan harga Rp. 25.000,00 untuk 2 hari secara terbatas, sedangkan harga tiket on the spot akan dihargai Rp. 20.000,00 untuk perharinya. Untuk pemesanan tiket anda dapat menghubungi 087839346556.

It takes Two days to free your soul! If You don’t do this for the love of The BLUES, the Let’s do it for the love of the MUSIC – #whyblues?

 

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker