News

Maestro sitar India Ravi Shankar wafat

ravi-shankar

Kabar duka datang dari Amerika Serikat. Pemain sitar maestro Ravi Shankar yang bernama asli Robindro Shaunkor Chowdhury dikabarkan meninggal dunia setelah gagal sembuh dari operasi sejak ia masuk Rumah Sakit Memorial Scripps di San Diego minggu lalu.

Perdana Menteri India Manmohan Singh menggambarkan dia sebagai “harta nasional dan duta global warisan budaya India”.

Shankar memperoleh pengakuan internasional yang luas melalui asosiasi dengan The Beatles.
Putrinya Anoushka Shankar juga seorang pemain sitar. Sementara penyanyi pemenang penghargaan Grammy Norah Jones juga putri lainnya yang berbeda ibu.

ravi-shankar-jazz-et-ragasGeorge Harrison dari The Beatles pernah disebut Shankar “Godfather world music”. Ia bermain di Woodstock dan 1967 Monterey Pop Festival, dan juga berkolaborasi dengan pemain biola Yehudi Menuhin dan pemain saksofon jazz John Coltrane, sampai  dan Bud Shank.

John Coltrane bahkan menamai anaknya yang juga seorang saxophonis jazz, Ravi Coltrane 

Pada Rabu pagi, tak lama setelah kematiannya, Recording Academy of America mengumumkan bahwa ia akan menerima penghargaan prestasi seumur hidup di Grammy tahun depan. Presiden Akademi Neil Portnow mengatakan ia telah menginformasikan kabar ini kepada Shankar dalam minggu terakhir.
“Dia sangat tersentuh dan sangat senang,” katanya, menambahkan, “Sayang kita telah kehilangan bakat inovatif dan luar biasa dan duta sejati musik internasional”.

Ravi Shankar awalnya penari dengan rombongan saudaranya. Ia Lahir dari keluarga Bengali di kota India kuno Varanasi. Ia memutuskan  belajar sitar pada usia 18 tahun. Selama tujuh tahun Shankar belajar di bawah Baba Allauddin Khan, pendiri gaya Maihar Gharana dari musik klasik Hindustani, dan menjadi terkenal di India untuk bermain sitar virtuoso nya.

Untuk tahun-tahun terakhir hidupnya, Ravi Shankar tinggal di Encinitas, California, bersama istrinya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker