FestivalNews

Akhir pekan ini, The 1st Annual Sabang Jazz Festival siap diadakan

Dalam rangka memperkenalkan kota Sabang sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI didukung Pemerintah Kota Sabang akan mempersembahkan The 1st Annual Sabang Jazz Festival pada hari Sabtu, 22 Desember 2012 pukul 19.00 bertempat di Sabang Fair. Acara tersebut tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum.

Sabang Jazz Festival

Dari letak geografis kota Sabang yang berada di Pulau Weh, provinsi Aceh, Sabang Jazz Festival menjadi pergelaran jazz pertama di ujung Barat tanah air. Pun, Sabang Jazz Festival dapat dipastikan sebagai akhir lintasan marathon festival jazz di Indonesia tahun 2012 pula memicu putaran festival jazz tahun mendatang yang diprediksi akan meningkat jumlahnya.

Pada jumpa pers Sabang Jazz Festival di D’Consulate Resto & Lounge Jakarta, Senin (17/12), Wali Kota Sabang Zulkifli Adam memaparkan bahwa Sabang memiliki potensi wisata terpendam yang relatif jarang dikenal publik. Ia berujar, “Kota Sabang punya sejumlah destinasi wisata yang bagus seperti laut, ratusan spesies ikan, diving, juga Tugu Nol Kilometer, terangnya. “Bahkan pantai di Sabang adalah yang terbersih di Indonesia, secara resmi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan,” imbuhnya.

Fathul Bahri, mewakili Kemenparekraf menambahkan, “Kota Sabang sedianya menjadi pintu gerbang bagi masuknya wisatawan ke Indonesia, dan festival ini juga diharapkan mampu menarik banyak wisatawan asing yang mau berkunjung ke tanah air,” jelasnya.

Jumpa Pers The 1st Annual Sabang Jazz Festival, Jakarta
Jumpa Pers The 1st Annual Sabang Jazz Festival, Jakarta

Tentang program acara, Dwiki Dharmawan memberi gambaran, “Sabang Jazz Festival akan diramaikan oleh banyak musisi, baik lokal maupun internasional. Mulai dari musisi senior seperti Fariz RM sampai dari kalangan muda, Andien, Nikita Dompas dan Ibnu Rafi,” terangnya. “Kita juga mengundang Ron Reeves dari Australia dan Steve Thornton, perkusionis asal Brooklyn yang kini menetap di Malaysia,” papar Dwiki.

Lebih lanjut Dwiki mengatakan bahwa nantinya akan ada kolaborasi dengan pemusik lokal. “Salah satunya ialah Rafly yang membawa musik etnis Aceh, serta Krakatau secara full-team akan mencoba berinteraksi dengan kesenian Rapa’i,” jelasnya.

Selain itu turut meramaikan Naseem Nahid yang sempat tergabung dalam grup Debu, ia baru saja menggarap album di Turki dan pada Sabang Jazz Festival dirinya akan menyuguhkan influens Turki dalam penampilannya. “Saya juga pastinya akan mempromosikan pariwisata Indonesia di Turki,” katanya.

Jumpa pers ditutup dengan pertunjukan kecil. Tampak berinteraksi Dwiki di piano, alunan vokal Naseem, bersama permainan drum Rafi dan tepuk kendang Zainal Arifin. Selanjutnya Fariz RM, Ita Purnamasari dan Iwan Abdie turut menyumbang masing-masing sebuah lagu.

The 1st Annual Sabang Jazz Festival akan berlangsung hari Sabtu, 22 Desember 2012 di Sabang Fair, Kota Sabang, Pulau Weh, provinsi Aceh dimulai pukul tujuh malam waktu setempat. Pengisi acara antara lain Fariz RM, Andien, Krakatau, Farabi All Stars, Rafly, Agam Hamzah, Nikita Dompas Band, Naseem Nahid serta dua musisi internasional, Ron Reeves dan Steve Thornton.

 

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker